UNTUK INDONESIA
Profil Irfan Setiaputra, Sang Dirut Baru Garuda
Irfan Setiaputra, Dirut Baru Garuda, dapat tugas penting dari Menteri BUMN. Pernah menjabat sebagai CEO di berbagai perusahaan.
(Foto: Instagram/Irfan Setiaputra).

Jakarta - Garuda kini memiliki pucuk pimpinan baru. Irfan Saputra resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar di Auditorium Garuda City Center pada 22 Januari 2020. Irfan mendapat “PR” khusus: ditugaskan untuk melanjutkan visi misi Garuda yang sempat “goyang” pascakasus penyelundupan Harley Davidson oleh Dirut sebelumnya, Ari Askhara, serta membersihkan semua isu miring yang tengah beredar, termasuk terkait hubungan gelap petinggi Garuda dengan para pramugari.

Irfan juga mengaku diberi pesan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, untuk membenahi beberapa hal seperti harga tiket, keamanan dan pelayaan, serta profit.

“Ada banyak tekanan dari stakeholeder soal harga, langsung saja ngomong soal harga. Harga tinggi atau rendah itu mohon dipahami itu punya pasti management siapapun punya justifikasi, ya kan,” ujar Irfan. “Tapi buat saya, saya diskusinya selain diberesin ini segala macam, tolong dibikin Garuda jadi big profitable,” lanjutnya.

Dirut Garuda Irfan SetiaputraRapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) memutuskan Chief Executive Officer (CEO) Sigfox Indonesia, Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama (dirut) Garuda. (Foto: Nuranisa Hamdan).

Sebelum duduk menjadi orang nomor satu di Garuda, Irfan telah cukup berpengalaman dalam memimpin perusahaan. Dari mulai perusahaan telekomunikasi hingga perusahaan tambang. Perusahaan swasta sampai perusahaan plat merah sudah pernah dijajaki pria kelahiran Jakarta, 24 Oktober 1964 ini.

Pria lulusan Teknik Informatika Institut Teknologi bandung (ITB) ini mantan Dirut PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI). Irfan ditunjuk langsung oleh Menteri BUMN pada saat itu, Sofyan Djalil. Namun, perjalanannya sebagai Dirut PT INTI tak bertahan lama, ia memutuskan mundur dari jabatan tersebut pada 2012, tiga tahun setelah pelantikannya pada 2009 silam.

Jauh sebelum itu, Anggota Majelis Wali Amanat Wakil Alumni ini sudah pernah bekerja di beberapa perusahaan seperti International Business Machine (IBM), LinkNet, dan Cisco.

IBM merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Kini, IBM dipimpin oleh Tan Wijaya sebagai President Director.

Di Cisco Indonesia, Irfan pernah memegang jabatan penting sebagai Managing Director. Saat itu, ia berhasil meningkatkan bisnis Cisco dari 25 juta dollar AS menjadi 125 juta dollar AS.

Sejumlah penghargaan juga pernah disabetnya. Pada 2000, ia pernah dianugerahi penghargaan IBM STAR of the STARS Award, IBM Professional Achievement Award, dan Best CEO versi majalah Swa.

Pada 2012, Irfan pernah memegang jabatan sebagai CEO di perusahaan pertambangan, PT Titan Mining Indonesia. Kemudian, pada 2014, ia pindah ke perusahaan batubara, PT Cipta Kridatama. Pada 2015-2016, Irfan menjabat sebagai COO di ABM Investama Tbk

Irfan juga pernah didapuk sebagai Presiden Director dan CEO PT Reswara Minergi Hartama. Terakhir, sebelum masuk Garuda, pada Februari 2019, ia menjabat sebagai CEO pada perusahaan Internet of Things (IoT) di Sigfox Indonesia.

Melalui akun instagramnya, setelah ditunjuk sebagai dirut Garuda, @setiaputrairfan, Irfan memposting foto pesawat Garuda Indonesia yang ia beri caption, “A New Journey…wish me all the best,” tulisnya. Postingan tersebut dibanjiri doa dan harapan warganet kepada Irfan. []

Berita terkait
Triawan Munaf Komut Garuda, Erick Thohir: Inovatif
Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan alasan kenapa akhirnya para pemegang saham memilih Triawan Munaf jadi Komut Garuda.
Kenapa Irfan Setiaputra Terpilih Jadi Dirut Garuda?
Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk periode sebelumnya Sahala Lumban Gaol mengatakan Irfan Saputera ditetapkan sebagai dirut.
Kasus Gundik Garuda, Siwi Widi Dicecar 42 Pertanyaan
Pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti dicecar 42 pertanyaan saat diperiksa terkait kasus gundik Garuda.
0
BTS Batal Konser Gara-gara Virus Corona
Boy band, BTS terpaksa membatalkan konsernya di dalam negeri karena imbas penyebaran virus corona yang semakin meningkat.