Iran Akan Dukung Rakyat Afghanistan yang Saat Sedang Kritis

Iran menyatakan dukungannya untuk pembentukan pemerintah inklusif dan mendukung rakyat Afghanistan.
Warga Afghanistan mengungsi ke Pakistan memasuki perbatasan di Chaman, Pakistan, pasca pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban, Minggu, 22 Agustus 2021 (Foto: voaindonesia.com/AFP)

Jakarta - Iran menyatakan dukungannya untuk pembentukan pemerintah inklusif di Afghanistan. Iran akan mendukung rakyat Afghanistan pada saat yang kritis ini.

Menurut kantor berita semi-resmi Mehr, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan pada konferensi pers mingguan bahwa Teheran mengikuti perkembangan di negara tetangganya, Afghanistan.

"Kami berhubungan dengan semua pihak di Afghanistan," kata Khatibzadeh, menambahkan bahwa Iran siap untuk memfasilitasi pembicaraan damai intra-Afghanistan.

“Tidak ada solusi militer untuk masalah Afghanistan dan semua kelompok dan pihak harus menyelesaikan masalah melalui negosiasi dan dialog," tegas Khatibzadeh seperti dilansir Anadolu Agency, Selasa, 24 Agustus 2021.

Kami berhubungan dengan semua pihak di Afghanistan.


Taliban menguasai Afghanistan setelah mengambil alih Ibu Kota Kabul pada 15 Agustus, memaksa presiden dan pejabat tinggi lainnya meninggalkan negara itu.

Perebutan kekuasaan yang tak terduga memicu serbuan warga yang ingin melarikan diri dari Afghanistan, termasuk warga sipil yang membantu tentara atau kelompok asing dan sekarang takut akan pembalasan Taliban. [] 

Baca Juga: Amerika Evakuasi 7.400 Orang Dari Afghanistan Dalam 24 Jam

Berita terkait
Amerika Percepat Evakuasi Warga AS dan Afghanistan dari Kabul
Biden mengatakan bahwa tenggat itu mungkin akan mundur dari akhir Agustus 2021 untuk menerbangkan mereka yang ingin keluar dari Afghanistan
Warga Afghanistan Ramai-ramai Lari ke Perbatasan Iran
Untuk membantu para pengungsi, pemerintah Iran telah menyiapkan kamp-kamp buat menampung mereka di perbatasan.
OKI Jani Akan Bantu Wujudkan Perdamaian di Afghanistan
Organisasi itu memperingatkan agar para pemimpin masa depan Afghanistan tidak lagi melindungi ‘organisasi teroris’
0
Iran Akan Dukung Rakyat Afghanistan yang Saat Sedang Kritis
Iran menyatakan dukungannya untuk pembentukan pemerintah inklusif dan mendukung rakyat Afghanistan.