UNTUK INDONESIA
iPhone 11 dan iPhone 11 Pro Dites di Kedalaman 12 Meter
Apple iPhone 11 dan iPhone 11 Pro dilakukan uji coba pada kedalaman 12 meter di bawah laut di sebuah teluk di Amerika Serikat.
Tangkapan Layar Youtube: (Foto: CNET/Revy Putra/Tagar)

Jakarta - Produk ponsel pintar besutan Apple iPhone 11 dan iPhone 11 Pro dilakukan uji coba pada kedalaman 12 meter di bawah laut di sebuah teluk di Amerika Serikat. Uji ketahanan ini untuk mengetahui kecanggihan smartphone tersebut.

Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut selalu menginginkan hasil yang maksimal atas produk yang diciptakan demi memunculkan kepuasan bagi para pemakainya.

Adapun ponsel iPhone 11 dan iPhone 11 Pro ini merupakan smartphone mewah tidak sepenuhnya anti air. Namun, memiliki ketahanan terhadap benda cair dalam bentuk percikan dan terendam dalam genangan.

Bagaimana jadinya bila kedua ponsel mahal nan canggih ini ditenggelamkan dengan kedalaman 10 meter.

Dilansir Apple, iPhone 11 telah tersertifikasi IP68. Artinya, ponsel ini tahan air hingga kedalaman 6,5 kaki (2 meter) selama 30 menit. 

Begitu pula dengan sang kakak, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang memiliki sertifikasi serupa IP68, tapi bisa lebih dalam hingga 13 kaki (4 meter) selama 30 menit.

Melewati batas limit tersebut, CNET melakukan serangkaian uji coba dengan melihat bagaimana ketahanan kedua smartphone ini.

Sebelumnya, sekitar satu tahun yang lalu, CNET juga telah bereksperimen dengan iPhone XR dan iPhone XS. Kedua produk Apple ini ditenggelamkan ke dalam air asin dan hasilnya di luar dugaan.

Kini CNET bekerja sama dengan Sofar Ocean Technologies untuk menguji iPhone 11 dan 11 Pro. Dengan bantuan drone di bawah air, kedua ponsel ini diletakan jauh ke Teluk Monterey di California pada musim gugur untuk melihat apa yang akan terjadi pada kedua smartphone ini. 

Berikut hasil tesnya.

1. Kedalaman 4 Meter

Untuk pembuktian pertama, drone mengirim iPhone 11 dan 11 Pro sedalam 13 kaki atau 4 meter selama 30 menit karena iPhone 11 hanya bisa bertahan pada kedalaman setengahnya. Setelah 30 menit, drone ditarik ke permukaan, kedua smartphone ini dikeringkan menggunakan kain tanpa serabut.

Alhasil, layar kedua posel masih berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak ada kabut pada lensa kamera baik depan maupun belakang.

Namun ada sedikit masalah pada iPhone 11 yang terletak pada speaker. Suara terdengar agak basah saat memutar klip audio yang direkam. Sementara iPhone 11 Pro sedikit mengalami distorsi. Namun, kedua tombol dan speaker masih bisa berfungsi.

2. Kedalaman 8 Meter

Masuk ke babak kedua, kini saatnya untuk menyelam dua kali lipat dari kedalaman pertama. Tim mengambil perahu untuk menuju ke jantung teluk dan mengirim Trident (drone air) ke dalam air sejauh 8 meter dengan membawa awak berupa kedua iPhone selama 30 menit.

Setelah 30 menit, kedua layar sentuh iPhone masih berfungsi. Kamera juga terbukti masih bagus dalam menangkap gambar tanpa adanya kabut dan air yang masuk ke dalam lensa. Saat memutar audio, suara yang dihasilkan iPhone 11 terdengan lebih lembut daripada iPhone 11 Pro

3. Kedalaman 12 Meter

Pada babak terakhir, tim memutuskan untuk Break The Limit. Setelah dua penyelaman dengan kedalaman masing-masing 4 meter dan 8 meter, kini saatnya tim melakukan eksekusi lebih dari batasnya. 

Para awak kru membawa perahu ke perairan terbuka dan menenggelamkan Trident menuju kedalaman 39 kaki atau sekitar 12 meter ke dasar laut dengan rentang waktu yang sama, 30 menit.

Ketika smartphone di dalam air, terlihat layar pada iPhone 11 Pro beralih dari stopwatch ke aplikasi lain. 

Setelah menunggu 30 menit, tim mengangkat kembali Trident ke daratan untuk melihat apakah kedua iPhone ini masih terselamatkan atau tidak.

Hasilnya cukup mengejutkan, kedua ponsel masih baik-baik saja pada pengecekan pertama. Mereka masih terlihat seperti baru di-unboxing dari kemasannya. 

Namun yang menjadi perhatian adalah speaker yang tidak berfungsi 100 persen. Speaker kedua iPhone itu terdengar seperti diredam jika memutarkan audio.

Setelah itu, tim mencuci ponsel dengan air bersih serta mengeringkannya dengan kain tanpa serabut. Kedua ponsel dimatikan dan dibiarkan hingga benar-benar kering dalam waktu 72 jam.

4. Konklusi Eksperimen

Setelah kedua ponsel benar-benar kering tanpa adanya air setetes pun, tim melakukan inspeksi pada kedua iPhone mahal tersebut. Pemeriksaan dilakukan pada sektor kamera, speaker, dan mikrofon. 

Hasilnya, kedua iPhone berhasil mengejutkan tim eksperimen karena ponsel masih terlihat baru meski terdapat sedikit goresan kecil pada layar iPhone 11. 

Secara keseluruhan, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro masih bekerja sebagaimana mestinya.

Masalah yang bisa ditemukan terdapat pada sektor speaker iPhone 11 dan iPhone 11 Pro yang terdengar tidak setajam awalnya. Suaranya sedikit lebih lembut pada volume maksimal. 

Tim membuktikannya dengan menggunakan aplikasi Sound pada Apple Watch, yang memunculkan data bahwa ponsel yang terendam diputar di beberapa desibel lebih rendah dari pada ponsel baru.

Tim kemudian menghubungi pihak Apple atas eksperimen ini dan meminta Apple agar menerbitkan pedoman tindakan apabla iPhone terkena air. 

Tindakan yang bisa dilakukan dengan membilasnya dengan air bersih dan menyekanya dengan kain bebas serabut yang lembut. Namun percobaan ini tidak menjamin iPhone 11 akan bertahan jika menjatuhkannya ke air yang cukup dalam tapi pengujian ini bisa membuktikan bahwa sertifikasi yang dilakukan Apple benar dan berfungsi. []

Berita terkait
iPhone 11 Pro Max Smartphone Apple Termahal
iPhone 11 Pro Max menjadi varian iPhone termahal yang diluncurkan oleh Apple di tahun 2019 ini.
Layar Mudah Tergores Kelemahan iPhone 11
Salah satu kelemahan iPhone 11 daripada generasi sebelumnya yaitu layar yang mudah tergores.
Apple Akan Meluncurkan iPhone SE 2, Harga Rp 5 Jutaan
Bahkan, apabila memang benar iPhone SE 2 akan dirilis, namanya belum tentu iPhone SE 2.
0
Rahasia Tara Basro Cantik Natural Tanpa Makeup
Aktris Tara Basro yang heboh di perbincangkan karena unggahan fotonya tanpa mengenakan busana di media sosial, punya rahasia cantik tanpa makeup.