UNTUK INDONESIA
iPhone 12 Bakal Pamer Kecanggihan di Bulan Ini
Apple akan merilis ponsel iPhone 12 yang digadang-gadang memiliki fitur lebih canggih. Apa akan menambah kelebihan dari iPhone 11?
ilustrasi iPhone 12. (Foto: 9to5mac)

Jakarta - Apple akan merilis ponsel iPhone 12 yang digadang-gadang memiliki fitur lebih canggih. Mulai dari tampilan desain hingga ke jaringan 5G.

Berbeda dengan seri sebelumnya, iPhone 12 akan menggunakan chipset 5G. Pertama bagi Apple untuk mendukung jaringan 5G.

Sony mulai menggoda sensor gambar IMX686 andalannya yang akan datang.

Desain iPhone selama tiga generasi, siap untuk diganti. Dengan menggunakan desain boxier, dapat memaksimalkan ruang internal.

Kemudian, dikemas dalam antena 5G yang lebih besar, daya baterai ekstra, dan meningkatnya kompleksitas layar. Layar iPhone 12 dapat mendukung peningkatan sambutan atas layar pada banyak smartphone saat ini.

Sebelumnya, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki fitur kamera belakang tiga-lensa untuk pertama kalinya di perangkat keras Apple.

Diharapkan iPhone 12 dapat melanjutkan untuk versi 2020 dengan menambahkan lensa baru. Berdasarkan pengajuan hak paten, Apple juga bekerja pada lensa telefoto seperti periskop yang harus menyediakan rentang zoom lebih panjang daripada iPhone sebelumnya.

Pada bulan November, Sony mulai menggoda sensor gambar IMX686 andalannya yang akan datang, yang dapat membuatnya menjadi iPhone 12.

Sensor ini menangkap 64 megapiksel, meskipun ia juga memiliki kemampuan untuk menghadirkan bidikan 16-megapiksel yang dioptimalkan dengan sensitivitas cahaya yang ditingkatkan.

Diketahui iPhone 11 dijual dengan harga mulai dari 699 dolar AS atau sekitar Rp 9,8 juta. Sementara iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dibanderol mulai dari harga Rp 14 juta dan Rp 15,4 juta.

Jika berencana membeli iPhone 12, diperkirakan harus menungu 18 bulan dari sekarang. Mengingat iPhone 11 yang baru saja dirilis pada bulan September lalu. Bisa jadi iPhone 12 akan hadir pada September 2020 mendatang. 

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan akan dirilis lebih awal, agar tidak keduluan dengan para saingan produsen ponsel dalam memperkenalkan fitur konektivitas 5G.

Diperkirakan konektivitas 5G ini akan membuat harga iPhone 12 melonjak. Terbukti dari Samsung Galaxy S10 5G yang lebih mahal USD300 sekitar Rp 4,2 juta, dari Galaxy S10+ yang sudah mahal.

Jadi diperkirakan harga iPhone 12 akan dibanderol mulai dari USD1099 atau sekitar Rp 15,5 juta. []

Berita terkait
Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 12
Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 12. Berikut spesifikasi dan harga yang bakal dikeluarkan.
Kekurangan Seri iPhone 11 yang Harus Diwaspadai
Kekurangan iPhone 11 yang resmi dirilis Apple pada bulan September 2019, banyak dikritik penggunanya.
Bocoran Tiga iPhone 5G Meluncur Tahun 2020
Apple akan meluncurkan tiga iPhone berkonektivitas 5G pada 2020 dengan prosesor kelas wahid.
0
Polisi Periksa 5 Saksi Kasus Teror Molotov di Sleman
Polisi sudah memeriksa 5 saksi untuk mengungkapkan teror molotov di wilayah Gamping, Sleman. Tim Labfor Semarang dilibatkan untuk ungkap kasus ini.