UNTUK INDONESIA

Interaksi PM Jerman Angela Merkel dengan Presiden Amerika

Momen interaksi Kanselir Jerman, Angela Merkel, dengan lima Presiden AS, Clinton, Bush, Obama, Trump hingga Biden
Harapan perbaikan hubungan untuk Jerman-AS (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Selama 15 tahun menjabat Kanselir Jerman, Angela Merkel telah menyaksikan empat kali pergantian presiden AS. Masa-masa tidak harmonis dengan Trump, hingga prediksi hubungan baik dengan kepemimpinan Joe Biden. Peter Hille menuliskannya untuk dw.com/id.

merkel1Banyak berselisih dengan Trump (Foto: dw.com/id)

Banyak berselisih dengan Trump. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden AS Donald Trump berselisih tentang masalah Iran, perdagangan, NATO, dan banyak lainnya. Perbedaan keduanya pun tampaknya semakin dalam dan bahkan bersifat pribadi saat Trump menyebut Merkel "bodoh". Trump menarik pasukan AS yang berada di Jerman dan menuduh Jerman negara yang ''nakal'' dalam kontribusinya pada NATO karena memperlakukan AS secara tak adil.

merkel2Siapa sebenarnya yang berkuasa? (Foto: dw.com/id)

Siapa sebenarnya yang berkuasa? Gambar Merkel dan Trump saat KTT G7 di Kanada pada Juni 2018 di atas membuat heran seluruh dunia: Apakah Merkel yang memegang kendali di sini, berdiri menantang Trump, sebagai pemimpin sejati dunia? Atau apakah 'bos'-nya justru Trump karena satu-satunya yang dalam posisi duduk? Gambar ini dirilis oleh pemerintah Jerman, dengan judul "pertemuan spontan antara dua sesi kerja."

merkel3Menolak jabat tangan (Foto: dw.com/id)

Menolak jabat tangan. Presiden Trump tampak angkuh ketika dia menjamu Kanselir Merkel di Gedung Putih pada Maret 2017. Saat di kantor kepresidenan, Trump menolak untuk mengulurkan tangannya kepada kanselir di depan para wartawan. Gambaran kaku dalam pertemuan pertama antara keduanya itu sontak ramai diperbincangkan.

merkel4Hubungan yang harmonis dengan Obama (Foto: dw.com/id)

Hubungan yang harmonis dengan Obama. Berbanding terbalik dengan Trump, ikatan Merkel dengan Barack Obama sangat harmonis. Merkel dan Obama tampak sangat berteman baik sebagai pemimpin dua negara selama dua masa jabatan Obama sebagai presiden AS. Foto ini diambil pada November 2016, ketika Obama datang ke Berlin untuk kunjungan perpisahan - hanya beberapa hari setelah Donald Trump terpilih sebagai penggantinya.

merkel5Banyak melontarkan senyum (Foto: dw.com/id)

Banyak melontarkan senyum. Merkel menerima Presidential Medal of Freedom, penghargaan sipil tertinggi Amerika Serikat, di Gedung Putih pada Juni 2011. Obama memuji komitmen Merkel terhadap persatuan Eropa. Pengamat pun melihat penghargaan itu sebagai bukti hubungan Jerman-AS yang baik.

merkel6Saling dukung dalam berbagai isu dunia (Foto: dw.com/id)

Saling dukung dalam berbagai isu dunia. Pada KTT G7 di Pegunungan Alpen Bayern pada 2015, Merkel dan Obama terlihat sangat harmonis. Merkel dapat mengandalkan dukungan AS dalam banyak topik, salah satunya dalam perang melawan perubahan iklim. Sayangnya, hal berakhir secara tiba-tiba ketika Trump menjadi presiden pada 2016.

merkel7Harmonis dengan Bush (Foto: dw.com/id)

Harmonis dengan Bush. Pendahulu Obama, George W. Bush, menyampaikan pernyataan antusias tentang semangat Merkel terkait hak kebebasan, tepat setelah pertemuan pertama mereka. Pada KTT G8 di St. Petersburg pada Juli 2006, Bush bahkan memberi Merkel pijatan leher dadakan yang membuat kanselir terkejut. Tetapi hal itu tampaknya tidak membebani hubungan mereka.

merkel8Gerak-isyarat politik lewat potongan daging babi (Foto: dw.com/id)

Gerak-isyarat politik lewat potongan daging babi. Pada Juli 2006, dalam foto terlihat Bush dengan senang hati meletakkan potongan babi panggang di atas piring Merkel. Merkel menyambutnya dengan hangat di daerah pemilihannya di pantai negara bagian Mecklenburg-Western Pomerania Jerman timur laut. Acara barbeque itu merupakan puncak kunjungan ke markas politik Merkel.

merkel9Bush mengantar Merkel dan suaminya (Foto: dw.com/id)

Bush mengantar Merkel dan suaminya. Pada 2007 Merkel mengunjungi Bush di peternakannya di Texas. Bush secara pribadi mengantar Merkel dan suaminya, Joachim Sauer, dengan truk pickup buatan Amerika. Merkel dan Bush sepakat untuk bekerja sama untuk menemukan solusi diplomatik atas meningkatnya ketegangan atas program nuklir Iran.

merkel10Hubungan Trans-Atlantik (Foto: dw.com/id)

Hubungan Trans-Atlantik. Saat upacara pemakaman mantan Kanselir Jerman Helmut Kohl pada Juli 2017, mantan Presiden Bill Clinton menyampaikan pidato yang lucu dan emosional. "Aku mencintainya," katanya. Ketika dia duduk lagi, dia meraih tangan Merkel.

merkel11Harapan perbaikan hubungan untuk Jerman-AS (Foto: dw.com/id)

Harapan perbaikan hubungan untuk Jerman-AS. Pada November 2009, Merkel menyampaikan pidato di depan Kongres AS di Washington, DC. Saat peserta bertepuk tangan, Wakil Presiden Joe Biden menghibur kanselir, dan membuatnya tertawa. Banyak pihak berharap hubungan Jerman-AS kembali harmonis di bawah pemerintahan Biden (pkp/gtp)/dw.com/id. []

Berita terkait
4 Presiden Amerika Serikat di Masa Jabatan 1 Kanselir Jerman
Kanselir Jerman, Angela Merkel, telah menjadi Kanselir Jerman selama 15 tahun. Donald Trump adalah Presiden AS ketiga di masa jabatannya
Bisakah Biden Perbaiki Hubungan Jerman dan Amerika Serikat
Selama kepemimpinan Presiden Donald Trump hubungan antara Jerman dan Amerika Serikat (AS) retak bahkan ada pada titik terendah hubungan Translantik
Pilpres Amerika Serikat Kirimkan Sinyal Bagi Jerman
Pilpres AS tahun 2020 telah mengungkap perpecahan yang mendalam di seantero negara itu yang menjadikannya sebagai peringatan bagi Jerman
0
Interaksi PM Jerman Angela Merkel dengan Presiden Amerika
Momen interaksi Kanselir Jerman, Angela Merkel, dengan lima Presiden AS, Clinton, Bush, Obama, Trump hingga Biden