UNTUK INDONESIA
4 Presiden Amerika Serikat di Masa Jabatan 1 Kanselir Jerman
Kanselir Jerman, Angela Merkel, telah menjadi Kanselir Jerman selama 15 tahun. Donald Trump adalah Presiden AS ketiga di masa jabatannya
Siapa pemimpinnya sekarang? (Foto: dw.com/id)

Jakarta – Kanselir Jerman, Angela Merkel, telah menjadi Kanselir Jerman selama 15 tahun. Donald Trump adalah Presiden AS ketiga di masa jabatannya. Seperti apa hubungan Merkel dengan presiden-presiden AS terdahulu? Jika Joe Biden ditetapkan sebagai Presiden AS itu artinya di masa jabatannya Merkel bertemu dengan empat Presiden AS.

Berikut beberapa catatan tentang hubungan Merkel dengan tiga Presiden AS terdahulu yang dirangkum Tagar dari dw.com/id.

siapa yang akanSiapa yang akan pertama berkedip? (Foto: dw.com/id)

Siapa yang akan pertama berkedip? Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden AS Donald Trump berselisih tentang Iran, perdagangan, NATO, dan banyak masalah lainnya. Tetapi perbedaan mereka tampak semakin dalam dan bahkan bersifat pribadi: Trump dikabarkan menyebut Merkel "bodoh". Selama pembicaraan di KTT NATO, akhir 2019, pasangan itu tampaknya saling memelototi satu sama lain.

siapa pemimpinnyaSiapa pemimpinnya sekarang? (Foto: dw.com/id)

Siapa pemimpinnya sekarang? Gambar ini sempat membuat heboh dunia: Merkel dan Trump di KTT G7 di Kanada pada Juni 2018. Apakah Merkel yang berdiri di atas Trump memegang kendali di sini? Atau apakah Trump merupakan sang pemimpin sebagai satu-satunya yang duduk? Gambar tersebut dirilis oleh pemerintah Jerman dengan judul "pertemuan spontan antar dua sesi kerja."

tidak ada jabatTidak ada jabat tangan (Foto: dw.com/id)

Tidak ada jabat tangan. Presiden Trump tampak angkuh ketika ia menjamu Kanselir Merkel di Gedung Putih pada Maret 2017. Sementara itu di kantor kepresidenan, Trump menolak untuk mengulurkan tangan kepada Merkel di depan media, gambaran kaku yang mendefinisikan pertemuan pertama mereka.

ciumanCiuman yang canggung (Foto: dw.com/id)

Ciuman yang canggung. Namun hubungan Merkel dan Trump tidak selalu dingin. Pada KTT G7 tahun 2019 di Biarritz dalam sebuah sesi foto bersama pemimpin negara lainnya, Trump terlihat memberikan ciuman di pipi untuk Merkel. Hal ini merupakan bayangan dari pertemuan Trump dengan Merkel tahun 2018 setelah kembali terpilih sebagai kanselir, di mana Trump menyambutnya dengan ciuman di pipi yang mengagetkan Merkel.

lihat matakuLihat mataku (Foto: dw.com/id)

Lihat mataku. Ikatan Merkel dengan Barack Obama terlihat sangat kontras dibandingkan dengan hubungannya dengan Trump. Merkel dan Obama tampaknya telah menjadi teman selama dua masa jabatannya sebagai presiden AS. Foto ini diambil pada November 2016 ketika Obama datang ke Berlin untuk kunjungan perpisahan - hanya beberapa hari setelah Donald Trump terpilih sebagai penggantinya.

semua tersenyumSemua tersenyum (Foto: dw.com/id)

Semua tersenyum. Merkel menerima Presidential Medal of Freedom, penghargaan tertinggi untuk warga sipil di Amerika Serikat, di Gedung Putih pada Juni 2011. Obama memuji komitmennya terhadap persatuan Eropa. Pengamat pun melihat penghargaan tersebut sebagai bukti hubungan Jerman-Amerika yang baik.

saatnya bertemanSaatnya berteman (Foto: dw.com/id)

Saatnya berteman. Pada KTT G7 di Pegunungan Alpen Bavaria tahun 2015, Merkel dan Obama rukun. Kanselir dapat mengandalkan dukungan AS dalam banyak topik, seperti dalam perang melawan perubahan iklim. Hal ini berakhir tiba-tiba ketika Trump menjadi presiden pada 2016.

apa kauApa kau merasakan hal yang sama? (Foto: dw.com/id)

Apa kau merasakan hal yang sama? Pendahulu Obama, George W. Bush, membuat pernyataan antusias tentang cinta Merkel akan kebebasan, tepat setelah pertemuan pertama mereka. Pada KTT G8 di St. Petersburg pada Juli 2006, ia memberinya pijatan leher dadakan yang membuat kanselir terkejut, walau hal tersebut tampaknya tidak membebani hubungan mereka.

politik dagingPolitik daging babi (Foto: dw.com/id)

Politik daging babi. Pada Juli 2006, Bush meletakkan sepotong babi hutan panggang di atas piring Merkel. Merkel menyambut Bush di daerah pemilihannya, di pesisir negara bagian Mecklenburg-Western Pomerania. Acara barbekyu itu menjadi puncak kunjungan ke markas politik Merkel.

ini adalahIni adalah tanahku (Foto: dw.com/id)

Ini adalah tanahku. Ganti di tahun 2007, Merkel mengunjungi peternakannya di Texas. Bush secara pribadi mengantar Merkel dan suaminya, Joachim Sauer dengan truk pickup Amerika. Merkel dan Bush setuju untuk bekerja sama dalam menemukan solusi diplomatik akan permasalahan program nuklir Iran yang semakin meningkat.

cinta transCinta Trans-Atlantik (Foto: dw.com/id)

Cinta Trans-Atlantik. Pada upacara pemakaman mantan Kanselir Jerman Helmut Kohl pada Juli 2017, mantan Presiden Bill Clinton menyampaikan pidato yang lucu dan emosional. "Saya menyukainya," katanya. Ketika ia kembali duduk, ia meraih tangan Merkel.

itu bagusItu bagus! (Foto: dw.com/id)

Itu bagus! November 2009: Merkel baru saja menyampaikan pidato di depan Kongres AS di Washington, DC, AS. Sementara tepuk tangan terus berlanjut, Wakil Presiden Joe Biden menghibur kanselir, membuatnya tertawa (dw.com/id). []

Berita terkait
Kanselir Jerman, Jalan Panjang untuk Hak-Hak Perempuan
Kanselir Jerman, Angela Merkel, sebut pemenuhan hak-hak perempuan belum akan tercapai dalam waktu dekat
Kanselir Jerman Angela Merkel Menjalani Swakarantina
Karena kontak langsung dengan seorang doter yang positif Covid-19, Kanselir Jerman Angela Merkel jalani swakarantina mulai Minggu, 22 Maret 2020
Bisakah Biden Perbaiki Hubungan Jerman dan Amerika Serikat
Selama kepemimpinan Presiden Donald Trump hubungan antara Jerman dan Amerika Serikat (AS) retak bahkan ada pada titik terendah hubungan Translantik
0
4 Presiden Amerika Serikat di Masa Jabatan 1 Kanselir Jerman
Kanselir Jerman, Angela Merkel, telah menjadi Kanselir Jerman selama 15 tahun. Donald Trump adalah Presiden AS ketiga di masa jabatannya