UNTUK INDONESIA
Instagram Hilangkan Fitur Like ke Pengguna Indonesia
Instagram resmi memberlakukan perluasan uji coba menghilangkan like pada foto dan video yang diunggah pengguna Instagram di Indonesia.
Tombol like Instagram dihilangkan. (Foto: socialbakers.com)

Jakarta - Platform media sosial Instagram resmi memberlakukan perluasan uji coba menghilangkan fitur like pada foto dan video. Pengguna Instagram di Indonesia bakal mulai merasakan uji coba ini dalam waktu dekat.

Laman forbes.com pada Jumat, 15 November 2019 melaporkan, pihak Instagram akan mulai memperluas uji coba tampilan privat jumlah angka Like untuk lebih banyak pengguna di seluruh dunia, termasuk sejumlah pengguna di Indonesia.

Instagram dilaporkan bakal memilih secara acak akun-akun pengguna dari Indonesia untuk ikut serta dalam uji coba.

Pengguna yang kebagian uji coba penyembunyian like akan mendapatkan notifikasi berupa pop-up yang menerangkan perubahan pada bagaimana pengguna melihat suka (like).

Perubahan ini pun akan terjadi secara default dan tidak bisa diatur sendiri oleh pengguna yang bersangkutan. Angka like sendiri sebenarnya tidak benar-benar hilang, tapi disembunyikan secara privat.

Pemilik akun masih bisa melihat like yang didapat oleh sebuah postingan.

Ilustrasi InstagramIlustrasi Instagram. (Ist)

Instagram beralasan kebijakan penyembunyian angka hitungan dilakukan demi mengurangi kompetisi jumlah likes di Instagram. Sehingga pengguna bakal lebih fokus pada konten yang diunggah dan tidak sekadar beradu banyak jumlah tanda suka.

"Kami ingin pengikut Anda fokus pada apa yang Anda bagikan, bukan berapa banyak suka posting Anda," kata chief Instagram, Adam Mosseri, seperti dikutip laman Tech Crunch, Jumat, 15 November 2019.

Baca juga: Tujuan Instagram Hilangkan Fitur Like dan View

Sebelumnya, uji coba ini juga telah dilakukan di delapan negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru. []

Berita terkait
Instagram Down Melanda Sejumlah Kota di Indonesia
Sejumlah warganet mencuitkan keluhan mereka yang ditandai dengan tagar Instagram Down dan menjadi trending topic Twitter.
Akademi Instagram Menggelar Kuliah Online
Melalui kuliah online ini menyiarkan materi edukasi tentang program kewirausahaan untuk anak muda.
Selena Gomez Pernah Sebut Media Sosial Mengerikan
Selena Gomez belakangan menuai kontroversi usai mengunggah foto berciuman bibir dengan perempuan bernama Julia Michaels di media sosial Instagram.
0
Bappenas: Indonesia Memerlukan Tata Kelola Perikanan yang Terintegrasi
Bappenas menggelar Workshop Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional, di Bali, 11-12 Desember 2019.