Inilah Perbedaan 3 Jenis Bedak dan Fungsinya

Bedak mempunyai komposisi, tekstur, dan fungsi yang berbeda satu sama lain.
Ilustrasi compact powder. (Tagar/Pixabay)

Jakarta - Jika berbicara mengenai make up, pasti bedak salah satu kosmetik yang akan disebut. Fungsinya yang dapat meratakan warna kulit sangat dibutuhkan untuk menunjang penampilan. Selain itu, kemasan bedak yang ringan dan kecil, mudah sekali untuk dibawa kemana-mana.

Ternyata, bedak mempunyai komposisi, tekstur, dan fungsi yang berbeda satu sama lain. Terdapat 3 jenis bedak yang mungkin sering kalian dengar yaitu loose powder, compact powder, dan two way cake powder.


1. Loose powder

Loose powder memiliki tekstur yang halus dan lembut memberikan hasil sheer (tipis) yang cocok bagi kalian yang menginginkan penampilan natural. Partikelnya yang halus dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah dan menjaga make up tahan lama. Loose powder cocok untuk jenis kulit berminyak karena mengurangi kilauan minyak pada wajah.

Kemasannya berbentuk tabung bulat dan pada mulut tabung terdapat penutup dengan banyak lubang besar seperti pada botol bedak bayi. Penutup ini dapat dilepas guna memudahkan saat menggunakan kuas. Selain itu, ada beberapa merek loose powder yang menyediakan spons di dalamnya.


2. Compact powder

Compact powder merupakan bedak tabur yang dipadatkan pada sebuah wadah. Partikel pada compact powder lebih besar dibandingkan loose powder, berguna memberikan coverage ekstra atau bedak dapat menempel merata pada wajah. Namun, compact powder daya tahannya tidak sebaik penggunaan loose powder.

Maka, bedak jenis ini cocok digunakan untuk touch up, apalagi kemasannya ringan dan kecil sangat memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Cara mengaplikasikannya cukup dengan menepuk-nepuk bedak menggunakan spons yang tersedia di dalam kemasan.


3. Two way cake powder

Bedak jenis ini gabungan antara powder dengan foundation. Disebut two way cake karena cara pemakaiannya bisa dengan 2 cara yaitu menggunakan spons basah atau kering.

Spons yang dibasahkan terlebih dahulu, memberikan coverage lebih bagus sebab membantu tekstur foundation menjadi lebih creamy saat ditempelkan di wajah. Sedangkan, pemakaian dengan spons kering hasilnya sama saja seperti memakai bedak pada umumnya namun warnanya lebih coklat kekuningan karena kandungan foundation di dalamnya.

(Sekar Aqillah Indraswari)

Berita terkait
Cara Membedakan Masker Spirulina Asli dan Palsu
Kurangnya kewaspadaan saat membeli masker spirulina terkadang membuat banyak orang yang salah membeli masker. Berikut cara membedakannya.
Suka Make Up? Ini Cara Memilih Foundation yang Cocok
Salah memilih warna foundation bisa berakibat fatal, akan membuat perbedaan warna wajah dan leher nantinya. Berikut cara memilihnya.
Macam-Macam Jenis Brush Make Up dengan Berbagai Fungsinya
Brush merupakan alat untuk mengaplikasikan make up ke wajah dan jadi salah satu alat make up yang dianggap penting. Berikut macam-macam jenisnya.
0
Inilah Perbedaan 3 Jenis Bedak dan Fungsinya
Bedak mempunyai komposisi, tekstur, dan fungsi yang berbeda satu sama lain.