Cara Membedakan Masker Spirulina Asli dan Palsu

Kurangnya kewaspadaan saat membeli masker spirulina terkadang membuat banyak orang yang salah membeli masker. Berikut cara membedakannya.
Ilustrasi - Masker Spirulina. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Masker spirulina menjadi salah satu incaran banyak orang sebagai produk dalam proses perawatan wajah agar lebih tampak sehat dan bersih.

Dikenal sebagai masker yang terbuat dari tumbuhan ganggang biru memiliki khasiat ekstra untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, komedo, kulit kusam dan minyak yang berlebih. 

Namun, kurangnya kewaspadaan saat membeli masker spirulina terkadang membuat banyak orang yang salah membeli masker. Berikut cara membedakan masker spirulina asli dan palsu.


1. Bandingkan harga produk

Cara ini memang tidak dapat menjadi patokan, namun dengan membandingkan harga antar satu produk dengan produk lainnya yang dijual terpisah dapat membuatmu bisa berpikir dua kali saat akan memilih produk yang tepat. 

Jika Anda menemukan produk dengan harga yang kurang masuk akal seperti terlalu murah dan sangat jauh dari harga rata-rata.


2. Perhatikan bentuk dan kemasan

Kedua, Anda harus memperhatikan bentuk dan kemasannya, biasanya masker spirulina yang dijual, dikemas dalam bentuk kapsul. Produk yang palsu biasanya mendaur ulang kapsul yang digunakan, terlihat dari kedua sisi kapsul yang memiliki ukuran yang sama padahal kapsul yang baru umumnya memiliki dua sisi dengan panjang yang berbeda. 

Jika ternyata Anda menemukan kejanggalan seperti jumlah yang tak sesuai atau tidak ada tulisan BPOM, hal inilah yang dapat menjadi salah satu membedakan masker spirulina asli dan palsu.


3. Cek warna dan aroma bubuk masker

Nah, warna dan aroma bubuk spirulina sangat memiliki ciri khas yang tidak bisa disamakan dengan yang palsu. Untuk itulah yang Anda butuhkan hanyalah ketelitian dan pengetahuan tentang produk yang akan kamu beli. 

Masker spirulina yang asli memiliki warna hijau kebiruan, sedangkan masker spirulina yang palsu memiliki warna yang sangat gelap hampir mendekati hitam.

Untuk aromanya sendiri, produk asli tentunya memiliki aroma khas tersendiri yang dihasilkan dari kandungan polisakarida dan gamma linolenic acid, sedangkan produk palsu biasanya memiliki aroma yang harum atau tidak berbau sama sekali.


4 apakah muncul efek samping setelah pemakaian

Masker spirulina dikenal sangat aman pada kulitmu sekalipun kamu yang memiliki tipe kulit yang sensitif. Tetapi, kalau saat sesudah pemakaian, Anda menemukan kalau kulit terasa perih, gatal, jerawat semakin bertambah banyak dan menjadi iritasi, berarti produk yang kamu beli termasuk produk palsu. []

Berita terkait
7 Masker Alami untuk Memutihkan Wajah
Wajah putih dan sehat menjadi idaman bagi semua perempuan. Berikut cara mendapatkanya dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan.
7 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah
Manfaat masker kopi yang tak jarang orang ketahui.
Tips Alami Mencerahkan Kulit Wajah Kusam dengan Masker Kopi
Masker kopi memang menjadi salah satu cara alami untuk mencerahkan kulit wajah kusam. Berikut cara membuat masker kopi untuk mencerahkan wajah.
0
Cara Membedakan Masker Spirulina Asli dan Palsu
Kurangnya kewaspadaan saat membeli masker spirulina terkadang membuat banyak orang yang salah membeli masker. Berikut cara membedakannya.