Inilah Penyebab Munculnya Jerawat pada Alis

Di antara sekian banyak jerawat yang bisa muncul di wajah, jerawat di alis cukup mengganggu. Lantas, apa penyebabnya?
Ilustrasi Jerawat di Alis. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta – Jerawat bisa muncul di mana saja, terutama pada area T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu menjadi area yang paling bermasalah. Karena beberapa faktor, jerawat juga bisa timbul pada alis. Meskipun jarang terdengar, jerawat di alis cukup sakit dan mengganggu.

Pada umumnya hal ini terjadi karena folikel rambut yang tersumbat oleh minyak dan bakteri sehingga menyebabkan jerawat. Beberapa orang mulai mengalaminya. Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini beberapa faktor besar penyebab jerawat di alis yang dikutip dari laman Boldsky.com:

1. Mencabut Alis

Threading alisThreading alis. (Foto: Tagar/Unsplash)

Demi bentuk alis yang lebih sempurna, wanita biasa mencabut alis dengan cara mencukur, waxing, threading, dan lainnya. Ternyata apapun teknik pencabutan alis, tindakan ini bisa memicu munculnya jerawat di alis, terutama bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif. 

Lalu bagaimana cara menghadapinya? Yang paling utama adalah harus berhati-hati sebelum dan sesudah merapikan alis. Lakukan eksfoliasi satu atau dua hari sebelum melakukan threading. Setelah selesai, oleskan gel lidah buaya atau es batu untuk menenangkan kulit.

2. Produk Alis

ilustrasi browcaraProduk make up pada alis. (Foto: Tagar/Unsplash)

Beragam produk alis yang biasa digunakan terkadang menjadi penyebab di balik masalah jerawat yang muncul. Beberapa produk yang mengandung silikon seperti dimetikon, trimetikon, dan kopolimer, sebaiknya tidak ada dalam produk tersebut. Selain dapat menyebabkan iritasi, bahan tersebut bisa menyumbat pori-pori kulit yang menimbulkan jerawat. Berhati-hatilah dalam memilih produk yang Anda gunakan. Carilah produk bagus dengan bahan non komedogenik.

3. Alat Makeup yang Kotor

Ilustrasi alat make up kotorIlustrasi alat make up kotor. (Foto: Tagar/Pexels)

Jika Anda sudah lama tidak membersihkan alat makeup, mungkin itulah penyebab Anda sering berjerawat di alis. Bakteri yang terkandung dalam alat yang kotor dapat berpindah ke alis Anda. Bakteri ini yang menyebabkan berbagai masalah kulit termasuk jerawat. Jadi, pastikan untuk rajin membersihkan kuas dan spons setidaknya seminggu sekali, dan jangan memakai alat yang sudah terlalu lama rusak karena bakteri akan lebih mudah menempel.

4. Rambut yang Tumbuh ke Dalam

. Rambut yang tumbuh kedalam ini bisa menyebabkan kotoran, sel kulit mati, dan bakteri yang terjebak di dalam folikel rambut alis. Eksfoliasi adalah cara paling populer untuk menghilangkan rambut yang tumbuh ke dalam.Jika Anda mengalami masalah dengan rambut yang tumbuh ke dalam, jerawat di alis Anda kemungkinan besar disebabkan olehnya. Kondisi ini juga disebut dengan ingrown hair. Rambut yang tumbuh kedalam ini bisa menyebabkan kotoran, sel kulit mati, dan bakteri yang terjebak di dalam folikel rambut alis. Eksfoliasi adalah cara paling populer untuk menghilangkan rambut yang tumbuh ke dalam.

Cara Mengatasi Jerawat di Alis

Supaya tidak terus mengganggu, ada beberapa cara untuk mengatasi timbulnya jerawat di alis yaitu dengan menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Selain itu Anda juga bisa menggunakan perawatan alami seperti Tea tree oil, Lidah buaya, Teh hijau. 

Cara paling utama untuk mengatasi jerawat yaitu dengan mencuci muka secara teratur, gunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid. Jika jerawat di alis masih meradang, sebaiknya hentikan penggunaan make up, ya!

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Tips Mudah Atasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker
Keseringan menggunakan masker dapat menyebabkan timbulnya jerawat, berikut tips agar terhindar dari jerawat akibat penggunaan masker
Cara Ampuh Mengatasi Jerawat dengan Masker Jus Wortel
Cara menggunakan jus wortel sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, simak cara berikut.
Lima Cara Hilangkan Maskne, Jerawat Akibat Pakai Masker
Dari kebiasaan memakai masker, terkadang muncul jerawat pada dagu, hidung, atau pipi. Atau bisa disebut maskne atau mask acne.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar