Inilah Alasan Perlunya Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Pengalaman sangat penting untuk pembelajaran dalam kehidupan manusia. Kita juga perlu belajar dari pengalaman orang lain.
Ilustrasi Diskusi. (Foto: Tagar/Maxmanroe)

Jakarta - Kehidupan memaksa kita untuk belajar agar tidak terjerumus pada kesalahan-kesalahan yang merugikan. Untuk itu, kita kerap kali diajarkan untuk belajar dari pengalaman, termasuk pengalaman orang lain. Berikut ini alasan mengapa belajar dari pengalaman orang lain sangat penting.


Kita Mengenal Proses

Dengan belajar dari pengalaman orang lain, kita jadi tahu urutan langkah-langkah yang harus dilakukan. Ketika teman kita menceritakan pengalamannya saat dia belajar menjadi penulis, misalnya, dia melakukan urutan yang salah karena tidak membaca banyak referensi terlebih dahulu.

Nah, kalau ingin menjadi penulis, kita jadi tahu bahwa untuk menjadi seorang penulis yang handal, urutan yang benar bukanlah dengan menghasilkan banyak tulisan, tapi terlebih dahulu membaca banyak tulisan orang lain.


Belajar dari Ahli

Kita bisa belajar langsung dengan seorang –atau beberapa orang– ahli dari bidang yang ingin dipelajari. Misal, kalau ingin menjadi seorang sales, kita bisa belajar dari pengalaman sales yang sudah sukses, baik itu via seminar, buku-buku, ataupun video-video. Meski belum punya pengalaman sales, kita tetap bisa belajar langsung dari ahlinya.


Tak Perlu Mengalami Langsung

Manfaat terpenting dari belajar melalui pengalaman orang lain adalah bahwa kita tidak harus mengalami kegagalan yang sudah dialami orang tersebut. Banyak yang mengira bahwa untuk menjadi sukses harus melewati kegagalan demi kegagalan terlebih dahulu. Mungkin saja, namun bukankah kita tak harus benar-benar melewati kegagalan itu jika kita bisa belajar dari pengalaman orang lain?


Mengetahui Tips Lebih Detil

Ambil hikmahnya. Melalui pengalaman orang lain, kita bisa lebih tahu tips dan trik untuk meraih kesuksesan di bidang apa pun yang ingin kita tekuni. Memang tidak ada jalan pintas, dan jangan berharap sukses secara instan!

Namun, mengetahui tips & triknya itu dapat mempermudah dan mempercepat jalan kesuksesan kita. Selama kita benar-benar memiliki keinginan kuat dan berupaya keras untuk memanfaatkannya sebaik mungkin, maka pengalaman orang lain itu akan sangat berguna bagi kita. []


Sumber: fikarschool


Baca juga


Berita terkait
Mau Belajar Musik Tapi Sudah Tua? Tak Masalah
Usia tak menjadi masalah kalau kamu ingin belajar musik. Teruslah berlatih secara rutin walau sebentar. Itu lebih menghasilkan.
Tips Menyerap Pembelajaran dengan Maksimal
Belajar merupakan suatu rutinitas yang harus di lakukan oleh para pelajar, bahkan orang dewasa. Kita harus punya cara agar menyerap ilmu maksimal.
KPAI: Sejumlah Sekolah Belum Siap Pembelajaran Tatap Muka
KPAI Retno Listyarti mengatakan sebanyak 20,46 persen sekolah belum siap melakukan pembelajaran tatap muka akibat pandemi Covid-19 di indonesia.
0
Inilah Alasan Perlunya Belajar dari Pengalaman Orang Lain
Pengalaman sangat penting untuk pembelajaran dalam kehidupan manusia. Kita juga perlu belajar dari pengalaman orang lain.