Ini Dia 6 Kandidat yang Lolos Seleksi Calon Rektor UGM Periode 2022-2027

Keenam nama yang ditetapkan oleh Panitia Kerja (Panja) Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor UGM Periode 2022-2027 lolos seleksi calon rektor
Ilustrasi: Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (Foto: voaindonesia.com/Dok Humas)

TAGAR.id, Jakarta - Ketua Panitia Kerja Prof. Dr.Apt. Subagus Wahyuono, mengatakan sebanyak nama telah ditetapkan lolos sebagai Bakal Calon Rektor Universitas Gadjah Mada ( UGM ) periode 2022-2027. Keenam nama tersebut berasal dari internal UGM.

Keenam nama yang ditetapkan oleh Panitia Kerja (Panja) Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor UGM Periode 2022-2027 tersebut adalah:

1. Prof. Dr. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng.,

2. Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto

3. Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M. Eng.,

4. Prof. dr. Ova Emilia, M. Med., Ed., Sp.OG (K)., Ph.D.,

5. Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M.,

6. Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D.

“Hasil ini kami sampaikan kepada publik sebagai bentuk transparansi dan sekaligus juga mengumumkan bakal calon rektor yang lolos,” katanya seperti dilansir dari dari laman resmi UGM, Jumat, 8 April 2022.

Keputusan ini, terang Subagus, merupakan hasil dari rapat Panja tentang Pemeriksaan dan Verifikasi Dokumen Administrasi yang diselenggarakan pada 25 Maret.

Subagus menyampaikan, pemeriksaan dan verifikasi dokumen administrasi Seleksi Calon dan Pemilihan Rektor UGM Periode 2022-2027 telah terlaksana dengan baik. Ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak di dalam proses seleksi.

“Izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada para pendaftar dan semua pemangku kepentingan yang sudah berpartisipasi dalam Proses Seleksi Calon Rektor UGM Periode 2022-2027,” ucapnya.

Pada tahap sebelumnya yaitu tahap pendaftaran, Panja menerima delapan pendaftar yang memenuhi syarat minimal pendidikan serta pengalaman kerja dan telah melakukan registrasi secara daring hingga batas waktu pendaftaran pada 9 Maret 2022.

Dari delapan pendaftar, tujuh di antaranya berhasil melengkapi dan menyempurnakan persyaratan administrasi dalam tahap pendaftaran dan lolos ke tahap Seleksi Administrasi. Dokumen yang diserahkan di antaranya Surat Pengusulan Bakal Calon Rektor UGM 2022-2027, Riwayat Hidup, Surat Motivasi, Penjabaran Kebijakan Umum UGM ke dalam Program Kerja dan Strategi Pencapaian Tujuan.

Dari tujuh pendaftar yang melengkapi persyaratan administrasi, enam di antaranya dinyatakan lolos sebagai Bakal Calon Rektor UGM Periode 2022-2027. Keenam bakal calon rektor ini berasal dari internal UGM. Ali Agus dari Fakultas Peternakan, Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto dari Fakultas Teknik, Ova Emilia dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM.

Selanjutnya Sigit Riyanto berasal dari Fakultas Hukum, sedangkan Teguh Budipitojo berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan. Selain keenam orang tersebut, Panja menerima satu pendaftar dari luar UGM, yaitu Dr. Ir. Irawadi, CES dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto.

Usai pengumuman nama bakal calon rektor, proses seleksi akan dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya, yaitu Sarasehan Nyawiji Menuju UGM 1 yang akan diselenggarakan pada 9-16 April 2022 dan Forum Penjaringan Aspirasi Publik yang diselenggarakan pada 18-29 April 2022.

Setelah itu, para pendaftar yang dinyatakan lolos sebagai Bakal Calon Rektor UGM Periode 2022-2027 akan mengikuti seleksi oleh Senat Akademik dan akan berlangsung pada 12 Mei 2022, serta mengikuti pemilihan dan penetapan Rektor oleh Majelis Wali Amanat pada 17-20 Mei 2022.[]

Baca Juga:

Berita terkait
10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022
Salah satu lembaga pemeringkatan, Webometrics telah menyusun peringkat universitas terbaik di Indonesia dan dunia.
Kabar Gembira bagi Pegiat Desa Jember, Gus Halim: InsyaAllah, UNEJ Kampus RPL Desa Selanjutnya
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar terus memperluas jangkauan Program Rekognisi Pembelajar Lampau (RPL) Desa bagi pegiat desa ke kampus.
Gandeng Smeshub, Sultan Sampaikan Pentingnya Kemandirian Ekonomi di Kampus
Membangun kemandirian ekonomi nasional merupakan warisan nilai perjuangan para pendiri bangsa dalam rangka mewujudkan kedaulatan negara.
0
Penduduk Asli Pertama Amerika Jadi Bendahara Negara AS
Niat Presiden Joe Biden untuk menunjuk Marilynn “Lynn” Malerba sebagai bendahara negara, yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat (AS)