Ini Dia 3 Karakteristik Bisnis Ritel yang Harus Diketahui

Ada beberapa aktor dibalik rantai persediaan ini, yaitu produsen, supplier, grosir, ritel, dan konsumen.
Minimarket (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Sebagai calon pelaku bisnis ritel atau pengecer, kamu wajib mengetahui karakteritik dan alur rantai persediaan barang bisnis ritel.

Ada beberapa aktor dibalik rantai persediaan ini, yaitu produsen, supplier, grosir, ritel, dan konsumen.

Namun, pada rantai persediaan ini kita akan bahas supplier produk dimana supplier bekerja sama dengan produsen agar produk tersebar keseluruh penjuru daerah.

Dari tangan supplier, ada grosir atau tengkulak yang akan membeli produk dalam jumlah yang sangat besar atau partai.

Dengan memahami karakteristik ini, kamu dapat membayangkan strategi apa yang akan kamu gunakan pada bisnis kamu.

Saat bisnis kamu telah berjalan nantinya, kamu bisa membuat perubahan dan penyesuaian.

Berikut beberapa karakteristik bisnis ritel yang harus kamu ketahui.


Berhadapan Langsung dengan Konsumen

Karakteristik bisnis ritel selanjutnya yaitu pelaku bisnis ini akan berhadapan langsung dengan konsumen.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kamu adalah ujung tombak penjualan dan menjual produk ke konsumen akhir.

Maka. kamu harus memikirkan strategi marketing mutakhir untuk menarik konsumen.

Dalam bisnis ritel, kamu memerlukan sistem pembayaran produk yang cepat dan mudah.

Kamu harus menentukan harga yang bersaing dengan peritel atau pengecer lainnya.

Banyak ritel lain pula yang memberikan layanan ekstra seperti membuka toko online, poin, dan lain-lain.


Menyediakan Berbagai Produk

Sebab ritel menjual barang dengan sistem ecer atau satuan, maka barang yang disediakan pun beragam.

Hal itu ditujukan agar konsumen dapat belanja segala kebutuhannya dalam satu waktu dan satu tempat.

Kamu dapat memilih jenis bisnis ritel apa dan pilihan produk yang ingin kamu kembangkan.


Menjual Barang dalam Jumlah Satuan

Karakteristik bisnis ritel yang pertama adalah menjual produk atau barang dalam jumlah satuan.

Salah satu strategi yang harus diperhitungkan pengecer atau peritel yaitu memasang harga yang bersaing.

Tidak lupa melakukan berbagai teknik promosi agar bisnis ritelnya menjadi langganan banyak orang serta memastikan stok tersedia.

Itula 3 karakteristik yang harus di pelajari oleh pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis ritel, semoga bermanfaat.[]


(Erlangga)

Berita terkait
Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuka Bisnis Barbershop
Tentunya penawaran harga yang murah merupakan cara yang jitu untuk menarik minat pelanggan untuk berkunjung ke barbershop anda.
Banyak yang Belum Tau Nih, Ini Lho Fungsi Bisnis Ritel
Sebab pembelinya adalah konsumen akhir, maka sangat pas menyebut bisnis ritel sebagai mata rantai akhir pasokan atau supply chain.
Cara Daftarkan Merek Bisnis Secara Online
Anda yang ingin mendaftarkan merek dagang, kini sangat memungkinkan untuk mendaftar secara online melalui Website resmi DJKI.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.