UNTUK INDONESIA
Ini 5 Pimpinan KPK Terpilih
Komisi III DPR telah selesai melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 calon pimpinan KPK. Hasilnya, telah terpilih 5 pimpinan KPK baru.
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Kuningan, Jakarta Selatan. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Jakarta - Komisi III DPR telah selesai melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 10 calon pimpinan (capim) KPK. Secara maraton, Komisi III DPR juga langsung melakukan pemungutan suara menentukan 5 dari 10 capim KPK.

Hasilnya, telah terpilih 5 orang pimpinan KPK. Kelimanya yakni: Nawawi Pomolango dengan suara 50, Lili Pintauli Siregar 44 suara, Nurul Ghufron 51, Alexander Marwata 53 suara, dan Firli Bahuri 56 suara. 

Sementara itu, capim yang lain yakni Johanis Tanak memperoleh 0 suara, Luthfi Jayadi Kurniawan 7 suara, Roby Arya Brata 0 suara, Sigit Danang Joyo 19 suara, dan I Nyoman Wara 0 suara.

Kemarin, Kamis, 12 September 2019, uji kelayakan dan kepatutan dilangsungkan untuk 5 capim KPK yaitu Alexander Marwata, Firli Bahuri, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, dan Roby Arya Brata.  

Sedangkan untuk Rabu lalu, 5 capim KPK yang diuji yaitu Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, Sigit Danang Joyo, Nawawi Pomolango, dan I Nyoman Wara.

Proses seleksi capim KPK ini diwarnai dinamika sejak panitia seleksi dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pansel capim KPK yang diketuai Yenti Garnasih dihujani kritik dari awal. []


Berita terkait
Catatan Capim Johanis Tanak yang Setuju Revisi UU KPK
Capim KPK Johanis Tanak setuju dengan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, saat uji kelayakan dan kepatutan di DPR.
Pilkada 2020 Suara Partai Pencetus Revisi UU KPK Anjlok
Suara 5 partai pengusung revisi UU KPK diprediksi bakal anjlok di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
Fokus Firli Bahuri Jika Terpilih Pimpin KPK
Capim KPK Irjen Firli Bahuri siapkan fokus program KPK saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III, DPR, Kamis, 12 September 2019.
0
2 Pemuda di Langkat Tewas Terbakar Usai Menabrak Truk
Sekujur tubuh mereka hangus terbakar, setelah sepeda motor Honda Verza BK 4534 PBF yang mereka tunggangi terbakar pasca menabrak truk.