UNTUK INDONESIA
Ini 5 Negara Eropa di Piala Dunia U-20 Indonesia 2021
Lima wakil Eropa yang bertanding dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2021 mendatang diumumkan UEFA.
Suporter Prancis menyaksikan tim mereka bertanding di stadion sepakbola. (Foto: Tagar: Getty Images)

Jakarta - Inggris, Prancis, Italia, Belanda, dan Portugal akan menjadi wakil Eropa yang bertanding dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2021 mendatang. Kepastian itu diumumkan UEFA setelah dibatalkannya gelaran Piala Eropa U-19 tahun ini.

"Sebagai konsekuensi (Piala Eropa U-19 ditunda) Inggris, Prancis, Italia, Belanda dan Portugal akan menjadi perwakilan Eropa yang dinominasikan untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20 FIFA," tulis UEFA dalam laman resmi, Selasa, 20 Oktober 2020.

Lima slot yang disediakan untuk tim-tim Eropa diberikan kepada tim yang menempati posisi lima besar dalam peringkat UEFA.

Mempertimbangkan situasi keamanan yang tegang di wilayah Nagorno-Karabakh, Komite Eksekutif UEFA juga memutuskan bahwa pertandingan kompetisi klub dan tim nasional UEFA tidak akan berlangsung di Armenia dan Azerbaijan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

"Setelah memantau dengan cermat perkembangan situasi yang pecah akhir September, UEFA berpendapat bahwa, waktu dan kondisi untuk menggelar pertandingan UEFA di negara-negara ini tidak terpenuhi," tulis UEFA.

Federasi Sepak Bola Armenia dan Asosiasi Federasi Sepak Bola Azerbaijan, termasuk klub masing-masing, akan diminta untuk mengusulkan tempat alternatif untuk pertandingan kompetisi UEFA berikutnya yang akan dimainkan sebagai tuan rumah.

Karena situasi pandemi yang belum mereda di Eropa dan mengakibatkan kesulitan bepergian, Komite Eksekutif UEFA juga memutuskan untuk membatalkan putaran elit dan Turnamen Final Kejuaraan Eropa U-19 tahun 2019/2020 yang sedianya akan diselenggarakan di Irlandia Utara. 

Karena Kejuaraan Eropa U-19 ini adalah kualifikasi untuk Piala Dunia U-20 FIFA maka diputuskan bahwa lima slot yang disediakan untuk tim-tim Eropa diberikan kepada tim yang menempati posisi lima besar dalam peringkat koefisien babak kualifikasi UEFA untuk musim 2019/2020. Maka, lima negara tersebut adalah Inggris, Prancis, Italia, Belanda, dan Portugal.

Lihat juga: Piala Dunia U-20 Tahun 2021 di Indonesia Tanpa Seremoni

Diberitakan Tagar sebelumnya, pesta olahraga sepakbola terbesar dunia untuk para pemain berusia di bawah 20 tahun, bakal dihelat tanpa seremoni upacara. Iven yang dijadwalkan melibatkan Indonesia sebagai tuan rumah, kini persiapannya terus dikebut.

Indonesia sebagai tuan rumah telah dipastikan mendapatkan satu slot. Iven akbar itu dijadwalkan akan berlangsung di Indonesia dari 20 Mei hingga 12 Juni 2021.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memastikan Piala Dunia U-20 Tahun 2021, dilakukan tanpa seremoni pembukaan dan penutupan.

“Pesan Presiden tadi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIFA. Upacara atau gebyar opening dan closing ceremony ditiadakan. Sehingga tidak ada acara yang digelar seperti waktu kita melaksanakan Asian Games Tahun 2018,” ujarnya.[]

Berita terkait
Piala Dunia U-20 Tahun 2021 di Indonesia Tanpa Seremoni
Indonesia tuan rumah pesta olahraga sepakbola terbesar dunia untuk para pemain berusia di bawah 20 tahun, bakal dihelat tanpa seremoni upacara.
Kementerian PUPR Renovasi Stadion untuk Piala Dunia
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan utama dan lapangan latihan untuk Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021.
Jokowi Pastikan Persiapan Piala Dunia FIFA U20 di Indonesia
Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah telah memilih 6 provinsi sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia U20.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.