Vokasi Kemdikbud

Indosat Susul Telkomsel Gunakan Layanan 5G

Indosat nampaknya segera menyusul Telkomsel untuk menggunakan 5G karena Indosat masih sedang dalam proses finalisasi untuk mendapatkan SKLO.
Ilustrasi - Layanan 5G. (Foto: tagar/Pixabay)

Jakarta - Indosat nampaknya segera menyusul Telkomsel untuk menggunakan 5G. Sebab saat ini, Indosat sedang dalam proses mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

Hal ini disampaikan Koordinator Penataan Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo Adis Alifiawan pada diskusi FMB 9, Senin, 7 Juni 2021.

"Masih dalam proses untuk finalisasi penetapannya. Menyusul Telkomsel, Indosat telah pula mengajukan permohonan," katanya.

Dalam hal ini ia juga mengharapkan operator seluler lain bisa mengikuti langkah Telkomsel untuk menyelenggarakan jaringan teknologi komunikasi 5G. Dengan begitu Indonesia bisa segera menggunakan jaringan 5G.

“Kami harapkan juga operator seluler lain juga mengikuti segera mengikuti agar Indonesia segera take off menggunakan jaringan 5G," ucapnya.


Masih dalam proses untuk finalisasi penetapannya menyusul Telkomsel Indosat telah pula mengajukan permohonan.


Di sisi lain, Steve Saerang mengatakan masih melakukan komunikasi dengan Kominfo terkait proses ULO 5G yang dapat digunakan Indosat.

"Kami masih terus berkomunikasi intensif dengan Kemkominfo untuk seluruh proses ULO 5G," kata Steve saat itu.

Jika kabar ini benar, maka tak butuh lama lagi Indosat bisa menggelar 5G. Sebab saat Uji Laik Operasi (ULO) Telkomsel, hanya membutuhkan beberapa hari saja yakni dari 19-20 Mei 2021.

Dalam tahapan ULO, Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan pengujian teknis atas sarana dan prasarana Telkomsel melakukan gelaran jaringan.

"Penerbitan SKLO menandakan kesuksesan persiapan PT Telkomsel untuk memulai jaringan 5G, yang khususnya akan dilakukan pada pita frekuensi 2.300 MHz atau 2,3 GHz, dengan lebar pita 30 MHz dalam rentang 2.300 MHz sampai dengan 2.330 MHz," ucapnya. []


Berita terkait
Telkomsel Luncurkan 5G Serentak di Balikpapan, Medan, dan Surakarta
Telkomsel meluncurkan 5G di kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta setelah sebelumnya melangsungkan peluncuran layanan tersebut di Jakarta.
Ayo Bikin Film Sekelas Konfabulasi dengan Tiga Fitur Epic Galaxy S21 Ultra 5G
Didukung fitur Nona Binning, Director’s View, dan Super Steady yang mumpuni, Konfabulasi mampu ciptakan adegan dramatis dan menawan bagi penonton.
Berusia 26 Tahun, Telkomsel Luncurkan Layanan 5G Pertama di Indonesia
Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G dengan mengusung tema, 5G: Unlock the Future.
0
Indosat Susul Telkomsel Gunakan Layanan 5G
Indosat nampaknya segera menyusul Telkomsel untuk menggunakan 5G karena Indosat masih sedang dalam proses finalisasi untuk mendapatkan SKLO.