Telkomsel Luncurkan 5G Serentak di Balikpapan, Medan, dan Surakarta

Telkomsel meluncurkan 5G di kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta setelah sebelumnya melangsungkan peluncuran layanan tersebut di Jakarta.
Dari kiri ke kanan, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Menkominfo RI Johnny G. Plate, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam acara peluncuran 5G Telkomsel di Surakarta, Kamis (3/6). (Foto:Tagar/Telkomsel)

Jakarta – Telkomsel meluncurkan 5G di kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta setelah sebelumnya melangsungkan peluncuran layanan tersebut di Jakarta. Peluncuran dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group di 3 kota tersebut. 

Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G di Indonesia sehingga kedepannya siapa pun dapat merasakan the best 5G experience dengan dukungan jaringan 5G yang andal. 

"Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat, serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri," tuturnya Kamis, 3 Juni 2021.

Hendri menegaskan, hal ini untuk meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak.  

"Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam peluncuran 5G di Kota Surakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Johnny G Plate. Menurutnya, 5G harus menjadi fondasi kuat untuk mengimplementasikan dan membumikan ideologi bangsa kita di dalam hati dan kehidupan keseharian masyarakat. 

"Pembangunan infrastruktur ICT juga harus didukung di sisi hilir dengan pemanfaatan teknologi digital yang begitu berkembang untuk kepentingan kita. Kehadiran infrastruktur di hulu harus memberikan manfaat di hilir untuk kepentingan masyarakat dan untuk kepentingan ekonomi kita. Kita harus memastikan bahwa digital economy, digital culture, digital society, dan digital government semuanya harus kita kuasai,” tegas Johnny.

TelkomselSetelah melakukan peluncuran layanan 5G di Jakarta, Telkomsel melanjutkannya komitmennya sebagai “the first 5G operator in Indonesia” untuk membuat dunia penuh peluang melalui kolaborasi dengan tiga pemerintah daerah, yaitu Surakarta, Medan, dan Balikpapan. (Foto:Tagar/Telkomsel)

Selain itu, Johnny menambahkan, pihaknya akan meneruskan fondasi transformasi digital Indonesia berbasis atau bertumpu pada tulang punggungnya, yaitu jaringan 4G. 

"Pemerintah bersama dengan operator telekomunikasi akan melaksanakan simultan operation, yakni coexist antara 4G dan 5G, di mana ke depannya 5G akan dikembangkan secara gradual sesuai kematangan ekosistem, khususnya di wilayah kota-kota perintis, yakni Surakarta dan 7 kota lainnya,” tandasnya.

Pada fase awal peluncuran ini, layanan Telkomsel 5G di ketiga kota tersebut tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman. 

Di kota Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sedangkan di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Selain itu, masyarakat setempat juga bisa mencoba dan merasakan secara langsung pengalaman menggunakan layanan digital terkini yang didukung dengan jaringan 5G dari Telkomsel di area GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta, dan GraPARI Balikpapan. 

Hadir di GraPARI tersebut berbagai demo yang kedepannya dapat dimanfaatkan oleh segmen pelanggan umum dalam mendukung aktivitas keseharian, seperti seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Pada momen peluncuran di kota Surakarta, bertempat di Balaikota Surakarta, Telkomsel juga menghadirkan demo pemanfaatan akses jaringan 5G untuk layanan digital masa depan yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan transformasi operasional instansi pemerintah, terutama pemerintah daerah, seperti teknologi Virtual Tourism yang didukung VR Immersive Experience.

Selain itu, High Speed Office Connectivity yang didukung layanan 5G FWA dari perangkat Telkomsel ORBIT 5G, Interactive Public Services untuk pemanfaatan fitur video call di layanan Pajak kota Surakarta yang didukung teknologi nGage Video, dan Health and Safety Detection yang menggunakan keunggulan fitur Video Analytic.

Untuk perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro. Telkomsel akan terus memperluas kerjasama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung. 

Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

Bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

  • Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  • Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
  • Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  • Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G

Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G dan mengisi form registrasi dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

“Kedepannya, Telkomsel berkomitmen akan terus menjalin kerja sama strategis dengan berbagai pihak yang dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan teknologi mutakhir untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Sebagai operator 5G pertama di Indonesia, Telkomsel akan mengoptimalkan kesempatan ini untuk dapat berkontribusi lebih besar bagi kemajuan bangsa melalui inovasi terdepan,” tandas Hendri.

Informasi lebih lanjut dan untuk memberikan aspirasi serta masukan mengenai layanan Telkomsel 5G dapat diakses melalui telkomsel.com/5G.

Berita terkait
Hendri Mulya Syam Resmi Diangkat Sebagai Direktur Utama Telkomsel
Hendri Mulya Syam resmi diangkat sebagai Direktur Utama Telkomsel menggantikan Setyanto Hantoro.
Berusia 26 Tahun, Telkomsel Luncurkan Layanan 5G Pertama di Indonesia
Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G dengan mengusung tema, 5G: Unlock the Future.
Telkomsel Resmi Jadi Operator 5G Pertama di Indonesia
Telkomsel resmi menerima Surat Keterangan Laik Operasi dari Kemenkominfo sehingga mereka resmi menjadi The First 5G Operator in Indonesia
0
Telkomsel Luncurkan 5G Serentak di Balikpapan, Medan, dan Surakarta
Telkomsel meluncurkan 5G di kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta setelah sebelumnya melangsungkan peluncuran layanan tersebut di Jakarta.