IMI Kabupaten Bogor jejaki Mou dengan Disaster Academi

Pada kesempatan ini, DA dan IMI menggelar workshop tolongan pertama pada kecelakaan terhadap para penggiat motor Trail di kawasan Bogor Selatan.
IMI Kabupaten Bogor. (Foto: Tagar/Susilo Utomo)

Bogor - Berawal dari kehadiran Disaster Academy (DA) sebagai salah satu lembaga yang konsen pada migitasi kebencanaan melalui program-programnya yang bersinergi dengan beragam komuniitas, termasuk pada Minggu, 1 Agustus 2021, dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Bogor.

Pada kesempatan ini, DA dan IMI menggelar workshop tolongan pertama pada kecelakaan terhadap para penggiat motor Trail di kawasan Bogor Selatan. 

“Program ini tentunya sangat penting diberikan pada penggiat motor Trail , karene sangat rentan dengan kecelakaan yang beragam ketika mengarugi jalur yang tidak biasa,” ujar Dudih Mulyadi selaku Sekretaris IMI Kabupaten Bogor.

Ketua IMI Korwil Kabupaten Bogor, Aan Triana AlMuharom menyatakan bahwa IMI akan mendukung segala kegiatan terkait sosialisasi safety riding karena ini sangat penting untuk meminimalisir resiko kecelakaan dalam mengendarai sepeda motor.

“Saya sangat mendukung acara-acara seperti ini, apresiasi juga untuk teman-temn Disaster Academy karena sosialisasi safety riding ini sangat penting untuk meminimalisir resiko kecelakaan dalam olahraga otomotif terutama roda dua”. Kata Aan.

Hal senada juga diungkapkan H.Unang Rusnadi sebagai Ketua Disaster Academny sebagai pengagas acara yang mengambil tema “Semua Bisa Menjadi Penolong” yang digelar di D’Hary Garasi Café Cicurug ini.


Para raider biasanya paham mengenai mesin motornya ketika terjadi kendala tetapi ketika ada salah satu temannya ada yang terkendala.


“Pada dasarnya semua penggiat motor trail mengenai dinamika dan konsekuensi dari olahraga ini, tetapi secara detail mungkin belum paham ketika teman sesamanya mengalami kecelakaan ujarnya.

Lebih lanjut H Unang mengatakan jika sebagai penggiat motor trail, sangat banyak resiko yang mengintai, dari mulai lecet, patah tulang, kehabisan nafas hingga nyawa yang melayang karena medan yang tidak bisa di prediksi. “Oleh karena itu kami membekali para penggiat motor trail ini dari hal-hal yang sangat mendasar,” ujarnya.

Sementara itu Hari Priatna selaku pemateri membeberkan bermacam mitigasi bencana dari mulai yang terendah seperti luka tergores, patah tulang, pendarahan, kecapekan hingga pingsan. “Banyak sekali yang harus diperhatikan, terutama sar darin kondisi tubuh ketika akan melaksanakan aktivitas agar tidak memaksakan karena medannya berat ujarnya.

Pada riders sebenarnya sudah paham walaupun terkadang kurang prepare hingga minimnya alat medis yang dibawa ketika akan melakukan aktivitas ini, termasuk cara penanganan hal yang tidak diinginkan ketika di area hutan dan lainnya. 

“Para raider biasanya paham mengenai mesin motornya ketika terjadi kendala tetapi ketika ada salah satu temannya ada yang terkendala, biasanya mereka bingung untuk mengambil tindakan medis yang tepat’ ujarnya.

Pada kesempatan tersebut H Oka selaku penggiat motor trail senior dan ketua Liars Club menambahkan bahwa pada dasarnya para penggiat hobi motor trail ini sering mengindahkan hal-hal detail tersebut walaupun sebenarnya mereha paham mengenai pentingnya alat P3K dan penangananya. “Makanya saya harapkan seluruh penggiat motor trail juga melengkapi dirinya dengan pengetahuan ini.” ujarnya


Baca Juga: Ikatan Motor Indonesia Siap Dukung BNN Perang Lawan Narkoba

(Susilo Utomo)


Berita terkait
Ketua Dewan dan Nakes Kabupaten Bogor: Taati PPKM Darurat
Ketua DPRD Bogor, Rudy Susmanto, mengimbau kepada warganya untuk menaati aturan PPKM Darurat agar sebaran Covid-19 bisa ditekan.
DPRD Kabupaten Bogor Kunjungi Lokasi Isolasi Covid-19
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan, tingkat keterisian pasien Covid-19 di RSUD sudah pada tingkat yang cukup mengkhawatirkan.
Pebalap Muda Kabupaten Bogor Naik Podium di Balapan Oneprix 2021
Balap motor Oneprix Championship 2021 kembali digelar di sirkuit Sentul International Karting, Bogor, Jawa Barat. Pebalap muda Bogor naik podium.
0
Medali Emas Greysia-Apriyani Kado Manis HUT RI ke-76
Sebanyak Rp244,7 miliar dikeluarkan dari uang negara mendukung persiapan pemberangkatan dan pertandingan tim Indonesia ke Olimpiade 2021 di Tokyo.