Imbauan Agar Trump Bujuk Pendukungnya untuk Divaksinasi

Donald Trump diimbau gunakan popularitasnya di kalangan pendukung Partai Republik untuk membujuk lebih banyak pengikutnya jalani vaksinasi
Para pendukung mantan Presiden Donald Trump menunggu rombongan Trump di West Palm Beach, Florida, 20 Januari 2021 (Foto: voaindonesia.com - Marco Bello/Reuters)

Jakarta – Dr Anthony Fauci mengatakan pada Minggu, 14 Maret 2021, bahwa dia berharap mantan Presiden Donald Trump akan menggunakan popularitasnya di kalangan pendukung Partai Republik untuk membujuk lebih banyak pengikutnya agar menjalani vaksinasi virus corona (Covid-19).

Dalam sejumlah wawancara dalam acara berita pagi, seperti dikutip oleh Associated Press, pakar penyakit menular pemerintah itu mengeluhkan jajak pendapat yang menunjukkan bahwa pendukung Trump lebih cenderung menolak vaksinasi. Dia mengatakan bahwa politik harus dipisahkan dari tindakan kesehatan masyarakat yang "bijaksana, logis.”

dr fauciDr Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS (Foto: Dok/voaindonesia.com/AFP)

Fauci mengatakan bahwa jika mantan presiden itu menggunakan pengaruhnya yang "luar biasa" di kalangan Partai Republik, hal itu akan menjadi "game changer” untuk program vaksinasi Amerika Serikat.

“Jika dia tampil dan mengatakan, 'Ayo vaksinasi. Ini sangat penting untuk kesehatan Anda, kesehatan keluarga Anda, dan kesehatan negara,' sudah pasti sebagian besar orang yang merupakan pengikut dekatnya akan mendengarkan dia," kata Fauci kepada Fox News Sunday, seperti dilaporkan oleh Associated Press.

mantan pres trumpMantan Presiden AS, Donald Trump, berbicara di Conservative Political Action Conference 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Kantor mantan presiden itu tidak segera memberikan komentar pada hari Minggu, 14 Maret 2021.

Trump telah mendesak orang-orang untuk divaksinasi. Dia mengulangi imbauan itu pada pertemuan politik konservatif di Florida dua minggu lalu.

Namun, dia belum pernah muncul di muka umum di antara mantan presiden dan pejabat publik lainnya yang sudah menerima vaksinasi. Untuk mendorong agar masyarakat mau divaksinasi, banyak pejabat publik yang menyiarkan secara langsung saat divaksinasi. Ada berita baru-baru ini bahwa Trump divaksinasi secara tertutup di Gedung Putih sebelum meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021.

Fauci dia tidak mengerti dengan penolakan terhadap vaksinasi.

"Apa masalah yang terjadi di sini? Ini adalah vaksin yang akan menyelamatkan nyawa jutaan orang, "katanya dalam acara "Meet the Press" di stasiun televisi NBC. Dia menambahkan:

“Maksud saya, saya tidak dapat memahami alasan untuk itu (penolakan) ketika ada vaksin dengan efektivitas mencapai 94-95% dan sangat aman. Saya tidak mengerti."

Di Amerika Serikat, jumlah dosis vaksin yang didistribusikan dan diberikan setiap hari terus meningkat. Angka vaksinasi mencapai rata-rata lebih dari 2,5 juta per hari (na/ft)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Aktor Schwarzenegger Kecam Kerusuhan Pendukung Donald Trump
Dalam sebuah video emosional, mantan Gubernur Negara Bagian California, AS, Arnold Schwarzenegger, kecam kekerasan di Gedung Capitol
Seruan Agar Warga Amerika Bersedia Divaksin Virus Corona
Pakar penyakit menular AS, Dr Anthony Fauci, serukan agar warga Amerika bersedia divaksin dengan salah satu dari tiga vaksin yang tersedia di AS
37 Hari Kerja Biden Sudah 50 Juta Warga Amerika Divaksinasi
Hanya dalam 37 hari kerja Biden sudah 50 juta warga Amerika yang menerima vaksinasi virus corona dari target 100 juta dalam 100 hari kerja pertama
0
Bentuk Satgas BLBI, Mahfud MD: Mereka Tak Bisa Sembunyi Lagi
Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, Satgas akan memburu para obligor dan debitur BLBI sehingga mereka tidak bisa kabur lagi.