UNTUK INDONESIA

37 Hari Kerja Biden Sudah 50 Juta Warga Amerika Divaksinasi

Hanya dalam 37 hari kerja Biden sudah 50 juta warga Amerika yang menerima vaksinasi virus corona dari target 100 juta dalam 100 hari kerja pertama
Presiden Joe Biden memperhatikan Linda Bussey mendapat suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 untuk menandai 50 juta suntikan vaksinasi, di Gedung Putih, 25 Februari 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menjadi tuan rumah acara di Gedung Putih pada Kamis, 25 Februari 2021, untuk menandai vaksinasi virus corona ke-50 juta yang diberikan kepada warga Amerika. Presiden Biden sendiri menargetkan 100 juta warga Amerika divaksinasi dalam 100 hari kerja pertama sejak dilantik tanggal 20 Januari 2021.

Empat orang, yang terdiri dari seorang konselor sekolah dasar, seorang pegawai toko kelontong dan dua petugas pemadam kebakaran, mendapat suntikan vaksin virus corona di Gedung Putih pada Kamis, 25 Februari 2021, sore untuk memperingati pencapaian tersebut.

“Lima puluh juta suntikan hanya dalam 37 hari sejak saya menjadi presiden,” kata Biden kepada para wartawan dalam acara tersebut.

antrean vaksin asAntrean warga AS untuk vaksinasi Covid-19 di luar stadion Yankee di kawasan Bronx, New York, 5 Februari 2021 (Foto: Dok/voaindonesia.com/Reuters)

Dia mengatakan bahwa meskipun kondisi cuaca ekstrem, Amerika Serikat berada di jalur yang tepat untuk melampaui janjinya memvaksinasi 100 juta orang dalam 100 hari pertama dia menjabat.

Menurut Gedung Putih, hampir setengah dari orang Amerika yang berusia di atas 65 tahun telah menerima setidaknya satu dari dua suntikan vaksin.

Namun, para pejabat AS telah memperingatkan bahwa jalan yang harus ditempuh masih panjang. Biden mendesak warga Amerika untuk terus mengenakan masker. Dia juga mengatakan pada Kamis, 25 Februari 2021, bahwa dia tidak dapat memberikan kepastian kapan keadaan akan kembali menjadi “normal.”

dr anthonyDr Anthony Fauci ketika menerima suntikan vaksin COVID-19 produksi Moderna (Foto: Dok/voaindonesia.com/Reuters).

Kepala penasihat medis presiden, Dr Anthony Fauci, yang mengepalai Lembaga-Lembaga Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular, juga memperingatkan, “Kita masih berada pada tingkat dasar yang sangat tinggi,” sehingga mencegah dimulainya kembali kehidupan normal masyarakat.

Awal pekan ini, Amerika Serikat mengonfirmasi bahwa setengah juta orang telah meninggal karena Covid-19 – tingkat kematian tertinggi akibat virus itu di dunia. Laporan situs independen, worldometer menunjukkan sampai 25 Februari 2021 jumlah kasus virus corona di AS sebanyak 29.052.262 dengan 520.785 kematian.

Menurut laporan baru dari Pusat Statistik Kesehatan Nasional, pada 2020, virus memangkas satu tahun penuh harapan hidup rata-rata di Amerika Serikat, penurunan terbesar sejak Perang Dunia II (lt/ka)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Biden Ingatkan Rakyat Amerika Vaksinasi Corona Bukan Politik
Biden percepat distribusi vaksin dan aktifkan Defense Production Act serta ingatkan rakyat bahwa vaksinasi virus corona bukan masalah politik
100 Hari Joe Biden Vaksinasi 100 Juta Warga Amerika Serikat
Presiden AS terpilih, Joe Biden, menetapkan target 100 juta vaksinasi virus corona (Covid-19) dalam 100 hari pertama dia menjabat sebagai presiden
Amerika Serikat Mulai Distribusikan Vaksin Virus Corona
Pengiriman vaksin virus corona di Amerika Serikat dimulai tanggal 13 Desember 2020 dengan angkutan udara agar cepat sampai ke pusat-pusat vaksin
0
Pemakaman Warga Semarang Diantar Perahu Terjang Banjir
Kalimat tahlil mengiringi proses pemakaman jenazah warga Semarang di tengah kepungan banjir. Keranda berisi jenazah diantar menggunakan perahu.