UNTUK INDONESIA
Imbas Corona, Harga Jahe di Gowa Melonjak
Merebaknya isu jahe bisa mencegah virus corona, menyebabkan harga jahe di Pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa melonjak drastis.
Harga jahe di Pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa melonjak drastis. (Foto: Tagar/Afrilian Cahaya Putri)

Gowa - Beredarnya informasi jika virus corona dapat dicegah dengan mengkonsumsi tumbuhan yang mengandung curcumin seperti jahe, kunyit dan sere membuat harga jahe di Pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa melonjak drastis.

Kepala pasar Minasa Maupa, Zainuddin Langke saat dikonfirmasi mengaku jika stok jahe dipasaran cukup memenuhi kebutuhan konsumen, kendati harganya cenderung mahal.

Cukup mahal sekarang, antara Rp 70.000 sampai Rp 85.000 Sedangkan harga normalnya Rp 50.000.

"Untuk pasar induk Minasa Maupa stok ada, hanya harga yang bervariasi," ujarnya Rabu 11 Maret 2020.

Zainuddin mengungkapkan, jika harga jahe di tingkat konsumen cukup mahal, antara Rp 70.000 hingga Rp 85.000

"Cukup mahal sekarang, antara Rp 70.000 sampai Rp 85.000 Sedangkan harga normalnya Rp 50.000,"ujar Zainuddin.

Sementara itu, sejumlah pedagang Sarabba (Minuman Jahe Khas Bugis-Makassar) di Gowa pun mengeluh dengan mahalnya harga jahe. Bahkan salah satu pedagang Sarabba di Kecamatan Patalassang memilih tutup.

"Saya memilih tidak jualan Sarabba karena bukan cuma mahal jahe, bahkan di pasar dekat rumah saya ini tidak ada orang jualan jahe," ujar Daeng penjual Sarabba.

Sementara itu, selain mengkonsumsi tumbuhan mengandung curcumin, langkah pencegahan yang dapat dilakukan setiap individu pun disampaikan Bupati Gowa, Adnan Purichta kepada warganya.

"Perbanyak minum air putih untuk tubuh kita minimal dua liter dalam satu hari. Selain itu rajin-rajin untuk cuci tangan sehingga bakteri-bakteri yang melekat dalam tangan kita tidak sempat mengenai bagian dari tubuh kita. Juga menggunakan masker jika terkena batuk pilek agar tidak menyebar virus ke orang lain," tutur Adnan. []

Berita terkait
Bisa Tangkal Corona, Harga Jahe di Makassar Naik
Merebaknya isu jahe bisa menangkal virus corona, menyebabkan harga jahe di pasar tradisional di kota Makassar naik.
Harga Bahan Pokok di Abdya Aceh Naik, Kecuali Jahe
Khasiat jahe yang ampuh mencegah virus Corona atau Covid-19 belum berdampak pada kenaikan harga jual terkhusus di Kabupaten Aceh Barat Daya.
Khasiat Wedang Jahe, Mampu Cegah Covid-19
Dokter RS Aisiyah Kudus Guntur Aryo Kunto mengatakan dengan mengonsumsi wedang jahe bisa mencegah tertular virus Covid-19.
0
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.