UNTUK INDONESIA
I Gusti Ayu Bintang Didaulat Jokowi Jadi Menteri PPPA
Presiden Jokowi resmi menunjuk I Gusti Ayu Bintang Darmawati untuk menduduki jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).
I Gusti Ayu Bintang Darmawati. (Antara)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk I Gusti Ayu Bintang Darmawati untuk menduduki jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Kabinet Indonesia Maju.

Istri mantan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga itu sebelumnya tidak terlihat mendatangi Istana Kepresidenan seperti calon menteri lain pada Senin dan Selasa, 21-22 Oktober 2019.

"Gusti Ayu Bintang Darmawati (sebagai) Menteri PPPA," kata Jokowi saat mengumumkan jajaran kabinet di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu, 23 oktober 2019.

Bintang sebelumnya diketahui merupakan Ketua Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Besar OASE Kabinet Kerja. Sosok yang pernah aktif sebagai atlet tenis meja itu lahir di Bali, pada 24 November 1968.

Bintang selama ini banyak mendukung suaminya yang pernah menduduki jabatan penting termasuk menjadi Wakil Gubernur Bali.

Baca juga: Duduk Lesehan, Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju

Perempuan yang pernah menjadi Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali periode 2010-2014 itu juga mendampingi sang suami saat menjadi Menteri Koperasi dan UKM dalam berbagai kegiatan.

Bintang merupakan orang kelima yang menjadi pembanytu presiden dari kalangan perempuan selain Sri Mulyani yang menjabat Menteri Keuangan, Siti Nurbaya Bakar sebagai Menteri LHK, dan Ida Fauziah yang menjabat Menteri Ketenagakerjaan.

Serta Retno Marsudi yang didaulat untuk duduk sebagai Menteri Luar Negeri.

Baca juga: Iwan Fals Beri Saran Menohok Soal Kabinet Baru Jokowi

Gusti Ayu Bintang menggantikan Yohana Yambise yang sebelumnya menjadi Menteri PPPA di Kabinet Kerja masa jabatan 2014-2019. []

Berita terkait
Fachrul Razi Sang Jenderal Jadi Menteri Agama
Presiden Jokowi secara resmi menunjuk Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.
Menteri Termuda dan Tertua di Kabinet Jokowi Jilid 2
Presiden Jokowi resmi melantik para menterinya untuk bekerja selama lima tahun ke depan. Siapa sosok menteri termuda dan tertua di Kabinet?
Daftar Lengkap Nama Menteri di Kabinet Indonesia Maju
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan susunan kabinet baru periode 2019-2024 yang diberi nama Kabinet Indonesia Maju.
0
Hantu Pastor Kepala Buntung di Jeruk Purut Jakarta
Hantu pastor kepala buntung akan menampakkan dirinya pada malam hari di Makam Jeruk Purut Jakarta. Kemunculannya ditandai suara anjing melolong.