UNTUK INDONESIA
Hyundai Kona EV Cetak Rekor Dunia
Hyundai Kona EV berhasil mencetak rekor dunia (Guinness World Record) sebagai mobil listrik yang dibawa ke tempat tertinggi, pada pekan lalu.
Hyundai Kona EV. (Foto: Antara)

Jakarta - Mobil listrik buatan Hyundai, Kona EV berhasil mencetak rekor dunia atau Guinness World Record sebagai mobil listrik yang dibawa ke tempat tertinggi, pada pekan lalu.

Dilansir dari Kantor Berita Yonhap, Selasa, 21 Januari 2020, Hyundai Kona EV berhasil menyabet label sebagai mobil listrik pertama di dunia yang mencapai ketinggian 5.715 meter. Hal itu didapat setelah mobil garapan perusahaan Korea Selatan ini dibawa ke puncak Saula Himal, yang terletak di perbatasan Nepal dan Tibet oleh Hyundai Motor India.

"Kona EV buatan pabrik Hyundai India Motor mencapai puncak Saula Himal setinggi 5.731 meter, mengalahkan rekor 5.715 meter milik mobil sport ES8 buatan Nio China pada September 2018," kata Hyundai dalam pernyataannya.

Perjalanan untuk sampai ke puncak Saula Himal ditempuh selama delapan hari dengan membawa alat pengisian listrik portabel.

Hyundai Kona tersedia dalam jenis jantung elektrik, yang pertama adalah Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang dipadukan baterai Lithium-ion Polymer 39KWh, yang menghasilkan tenaga sebesar 136 ps dan torsi maksimal 395Nm. 

Daya jelajah yang bisa ditempuh mencapai 289 kilometer. Terkait pengisian daya baterai, mobil ini sudah dibekali charger onboard bertenaga 7.2 kW dengan kemampuan pengisian daya baterai penuh selama 6 jam.

Pilihan lainnya menggunakan jantung listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang dipadukan baterai Lithium-ion Polymer berkapasitas 64 KWh. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 204 PS dan torsi 395Nm dan kecepatan maksimal yang dihasilkan mencapai 167 kilometer/jam.

Untuk Pengisian daya baterai, mobil ini bisa menggunakan 7.2 kW onboard charger dan membutuhkan waktu 9 jam 35 menit sampai terisi penuh. Apabila menggunakan 100 kW DC fast charger bisa mengisi daya 0-80 persen dalam waktu 75 menit.

Hyundai Kona EV dipasarkan dalam dua versi, yakni bermesin bensin dan listrik. Di Indonesia sendiri, Hyundai sudah memasarkan Kona EV bermesin pad 2019, dibanderol dengan harga Rp 363,9 juta on the road (OTR) Jakarta. []

Berita terkait
Hyundai Venue 2020 Resmi Mengaspal
Hyundai resmi merilis SUV terbarunya yakni Venue 2020 akhir pekan lalu di Miami, Florida, negara bagian Amerika Serikat (AS).
Hyundai dan KIA Recall 640 Ribu Unit Kendaraan
Hyundai Motor Co dan KIA Motors Corp mulai melakukan penarikan (recall) terhadap 642.272 unit kendaraan
Hyundai Siapkan 9 Jenis Mobil Ramah Lingkungan
Hyundai Motor Corp dikabarkan siap meluncurkan sembilan varian mobil ramah lingkungan baik full electric, hybrid maupun plug in hybrid hingga 2022
0
Tiga Pintu Air Masih Status Siaga Tiga
Tiga pintu air termasuk pintu air Manggarai di Jakarta Selatan, masih berstatus siaga tiga atau waspada.