Hyundai Kembangkan Teknologi Robotik Metamobilitas

Hyundai ingin menciptakan lebih banyak cara untuk menyelesaikan tugas dari jarak jauh melalui penggunaan robot yang cerdas.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai, kini fokus mengembangkan teknologi robotik untuk memudahkan manusia mengerjakan berbagai aktivitas jarak jauh dengan bantuan robot dan teknologi virtual yang dinamakan "Metamobilitas."

"Kami membayangkan solusi mobilitas masa depan yang dimungkinkan oleh robotika canggih, bahkan memperluas solusi mobilitas kami ke Metamobilitas," kata Euisun Chung, Ketua Eksekutif Grup, dalam resentasinya yang dikutip dari laman resminya, Rabu, 5 Januari 2022

"Visi ini akan memungkinkan kebebasan bergerak dan kemajuan tanpa batas bagi umat manusia," tambahnya.

Hyundai ingin menciptakan lebih banyak cara untuk menyelesaikan tugas dari jarak jauh melalui penggunaan robot yang cerdas. 

Jadi, manusia bisa menggunakan robot untuk memberi makan hewan peliharaan di rumah, atau bahkan menggunakannya untuk memeluk mereka.

Pembuat mobil juga berharap koneksi robot virtual bisa terjadi di pabrik, di mana para pekerja dapat menuntaskan pekerjaan pabrik dengan robot.

Kepala divisi Transportation-as-a-Service di Hyundai Motor Group, Chang Song mengatakan,

 "Selangkah lebih maju dari pengalaman proxy 'be there' yang imersif yang disediakan metaverse, robot akan menjadi perpanjangan dari indra fisik kita sendiri, memungkinkan kita untuk membentuk kembali dan memperkaya kehidupan kita sehari-hari," kata Chang Song, Kepala divisi Transportation-as-a-Service di Hyundai Motor Group

Selain itu, orang-orang yang masih ada di dunia fisik mungkin mendapatkan bantuan dari robotika Hyundai. Dengan exoskeleton, manusia dapat dibantuk pekerjaannya oleh robot, terlepas dari apakah mereka terhubung ke realitas virtual atau, realitas biasa atau tidak.

Hyundai juga berpendapat, tak sekedar menjadi alat transportasi, mobil juga bisa menjadi kantor atau ruang bermain game 3D. Dengan terhubung ke ruang virtual, pembuat mobil merencanakan pengalaman VR dalam mobil baru yang menarik bagi penggunanya.

"Di dunia yang akan datang, kita tidak akan memindahkan barang-barang kita, tetapi benda-benda akan benar-benar bergerak di sekitar kita dengan modul PnD yang membuat benda mati secara tradisional menjadi mobile," kata Dong Jin Hyun, kepala Lab Robotika Grup Motor Hyundai.

"Kami mengarahkan semua rekayasa robotika ambisius dan upaya kreatif kami untuk mewujudkan visi yang lebih besar dari sebelumnya, ekosistem Mobility of Things tanpa batas," tutupnya. []


Baca Juga








Berita terkait
Mobil Terbang Hyundai Diluncurkan Tahun 2025
Hyundai akan meluncurkan kendaraan mobilitas udara urban yang dijuluki mobil terbang lebih cepat dari jadwal
Resmi Dirilis, Segini Harga Hyundai IONIQ dan Kona Electric
Hyundai IONIQ dan Hyundai Kona sudah dijual di semua dealer resmi Hyundai Motors Indonesia dengan harga Rp 600 jutaan.
Samsung, Hyundai, dan Pemerintah Korsel Berkolaborasi Bikin Chip Mobil
Samsung dan Hyundai dikabarkan sedang mengembangkan semikonduktor super efisien melalui kerjasama dengan menggandeng pemerintah Korea Selatan.
0
Hyundai Kembangkan Teknologi Robotik Metamobilitas
Hyundai ingin menciptakan lebih banyak cara untuk menyelesaikan tugas dari jarak jauh melalui penggunaan robot yang cerdas.