UNTUK INDONESIA
Hikmah Idul Adha bagi Bupati Bantaeng Ilham Azikin
Ini hikmah Idul Adha di masa pandemi Covid-19 menurut Bupati Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, Ilham Azikin.
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin. (Foto: Dok Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan Idul Adha tahun 2020 ini memiliki banyak makna yang dalam. Wujud berkurban telah banyak diterapkan pada kehidupan belakangan ini. Menurutnya, masa pandemi yang menggerogoti telah banyak merepresentasi bentuk pengorbanan melalui kepedulian antar sesama umat.

"Kondisi hari ini menuntut kita semua untuk saling berbagi. Saya melihat kondisi pandemi ini ada peningkatan kepedulian untuk sesama," katanya saat ditemui usai melaksanakan salat Ied di masjid Agung Syeh Abdul Gani, jalan Elang, Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng, Jumat, 31 Juli 2020.

Bupati Bantaeng bergelar doktor pemerintahan ini berharap agar masyarakat mampu meresapi makna hari raya kurban. Bukan sekadar suka cita berbagi potongan daging melainkan pesan tersirat dari kegiatan berkurban itu sendiri.

Saya melihat kondisi pandemi ini ada peningkatan kepedulian untuk sesama.

Berbagi pada sesama manusia agar kebahagiaan mampu dinikmati secara merata. Tidak lagi ada kesenjangan kaya, miskin atau perbedaan suku dan agama.

"Artinya dari aspek kepedulian sesama, berbagi, itu yang kita harapkan bagaimana kita bisa saling berbagi dan saling mengilhami antar sesama," katanya.

Terakhir ia mengucapkan syukur atas segala hal yang telah dilalui. Masa pandemi yang dijalani dengan bahu membahu, antar pemerintah dan masyarakat. Bukanlah hal yang mudah, namun sejauh ini semua berjalan dengan cukup baik.

"Meneguhkan ketakwaan kita. Memicu dan meningkatkan kepedulian antara sesama. Dua makna itu yang kita harapkan ada dalam Idul Adha kali ini," kata Ilham Azikin. []

Berita terkait
Penyaluran Daging Kurban Dikawal Polisi di Bantaeng
Untuk menghindari kerumunan warga, Polres Bantaeng mengawal pembagian daging kurban di Kabupaten Bantaeng.
Bantaeng Berpotensi Sumber Bibit Bawang Nasional
Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpi, Bantaeng cukup mampu menjadi sumber bibit Bawang secara nasional. Ini alasannya.
Respon Mentan Polemik Pupuk Langka di Bantaeng
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendorong petani Bantaeng untuk memanfaatkan pupuk organik dibandingkan pupuk subsidi dari pemerintah.
0
Hikmah Idul Adha bagi Bupati Bantaeng Ilham Azikin
Ini hikmah Idul Adha di masa pandemi Covid-19 menurut Bupati Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan, Ilham Azikin.