Heri Ngabut Akhirnya Memenuhi Syarat di Pilkada Manggarai

Bakal calon Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut resmi mendapatkan SK pensiun sebagai ASN.
Heribertus Ngabut, Calon Wakil Bupati Manggarai. (Foto: Dok Tagar/Albertus Pepi Kurniawan)

Ruteng - Bakal calon Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut resmi mendapatkan SK pensiun sebagai ASN dari Pjs. Bupati Manggarai Zeth Sony Libing.

Hal itu ditandai surat keputusan Bupati Manggarai nomor 00210/25315/AV/11/2020 tentang pemberhentian dan pemberian pensiun Pagawai Negeri Sipil yang mencapai batas usia pensiun tertanggal 5 November 2020.

Sekarang SK pensiun sudah ada, hal itu menegaskan bahwa Pak Heribertus Ngabut telah memenuhi syarat dan dipastikan bertarung di Pilkada Manggarai.

Dalam SK itu dituliskan, memperhatikan pertimbangan teknis dari Kepala Badan Kepegawaian Negara, Heribertus Ngabut diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ketua tim pemenang pasangan Hery-Heri, Wilibrodus Kengkeng mengatakan, hal itu juga untuk menepis isu yang berkembang di tengah masyarakat tentang status Heribertus Ngabut di Pilkada Manggarai.

Sebab menurut dia, beberapa waktu terakhir Heri Ngabut diisukan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai calon Wakil Bupati Manggarai karena tidak memiliki SK pensiun sesuai dengan syarat calon.

"Sekarang SK pensiun sudah ada, hal itu menegaskan bahwa Pak Heribertus Ngabut telah memenuhi syarat dan dipastikan bertarung di Pilkada Manggarai," katanya kepada Tagar, Jumat 6 November 2020.

Ia meminta kepada Masyarakat Manggarai untuk tidak percaya dengan isu yang berkembang bahwa Heribertus Ngabut tidak bisa mendapatkan SK pensiun dan batal mengikuti Pilkada.

"Karena isu SK pensiun itu sudah menjadi komoditas politik yang digoreng sedemikian rupa. Saya minta kepada masyarakat agar jangan percaya, karena itu tidak benar," katanya.

Sebelumnya Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono mengatakan Heribertus Ngabut terancam Tidak Memenuhi Syarat (TMS) apabila tak menyerahkan SK pensiun ASN hingga waktu yang ditentukan yakni 9 November 2020.

"Untuk persayaratan calon itu, tiga orang sudah lengkap tinggal calon atas nama Heribertus Ngabut itu belum ada surat keterangan pensiun" ungkapnya kepada Tagar, Rabu 3 November 2020.

Namun hal itu kata dia merupakan ranahnya Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebab KPU hanya sebagai user. Apabila BKN sudah keluarkan Persetujuan Teknis (Pertek), maka bupati atau penjabat akan mengeluarkan SK pensiun.

Apabila hingga waktu yang ditentukan, SK Pensiun tidak diserahkan maka calon yang bersangkutan dinyatakan TMS. Karena ini masih merekat syarat calon, maka pasangan calon bupatinya bisa maju sendiri, nanti wakilnya DPR yang tentukan.

"Tetapi kalau 9 November suratnya sudah ada maka secara komulatif dia memenuhi syarat. Khusus Pak Heri Ngabut statusnya belum memenuhi syarat," katanya.

Informasi yang diperoleh Tagar, SK pensiun Heribertus Ngabut akan diserahkan ke KPU Manggarai sebagai syarat calon, Jumat 6 November 2020 sore. []

Berita terkait
Heri Ngabut Terancam TMS di Pilkada Manggarai, Ini Penyebabnya
Jika tak menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pensiun, calon Wakil Bupati Manggarai, Heri Ngabut terancam TMS di Pilkada Manggarai.
Ini Jumlah dan Sumber Dana Kampanye Cakada Manggarai
Dua pasangan calon Pilkada Kabupaten Manggarai telah menyerahkan laporan penerima sumbangan dana kampanye. Ini besarannya.
Ini Jadwal Debat Kandidat Cakada Manggarai
Ini jadwal debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggarai NTT.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.