UNTUK INDONESIA
Harley Davidson Ajukan Paten Desain Skuter Listrik
Harley Davidson telah mengajukan hak paten untuk desain motor terbarunya ke kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa.
Tampilan skuter listrik Harley-Davidson. (Foto: Motorcycle.com)

Jakarta - Harley-Davidson telah mengajukan hak paten untuk disain motor terbarunya ke kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa. Bukan motor dengan kapasitas besar, kali ini produsen motor gede (moge) mewah asal Amerika Serikat itu mengajukan desain untuk skuter matik bertenaga listrik.

Dilansir dari motorcycle.com, Minggu, 19 Januari 2020, berdasarkan dokumen paten tersebut, Harley Davidson memberikan detail dalam beberapa sudut pandang beserta bentuk baterainya. Perusahaan moge ini juga memberikan beberapa pengajuan ke EUIPO yang menunjukkan berbagai bagian skuter. Disain tersebut diajukan pada 23 Oktober 2019, namun baru diterbitkan pada Jumat, 10 Januari 2020.

Jika dilihat pada gambar, rangka skuter ini terlihat lebih halus dengan motor listrik yang tidak lagi berfungsi sebagai bagian bantalan rangka, serta papan dek yang lebih ditingkatkan. Model headlamp skuter ini dibuat seperti cincin serta lampu belakang dan plat nomor.

Mesin motor ini tetap digerakkan oleh belt dan terdapat lingkaran kecil di bagian depan motor yang tidak terlihat dalam gambar, yang kemungkinan berfungsi untuk mengeluarkan baterai. Penggerak listrik terlihat siap produksi dibandingan dengan kotak hitam kuning pada konsep aslinya.

Namun dalam gambar ilustrasi, terlihat ada beberapa bagian yang hilang. Misalnya tidak terdapat rem, grip kontrol tangan dan spion pada desain. Skuter listrik ini juga akan dibekali pencahayaan LED dan speedometer digital. Kemudian suspensi depan kemungkinan menggunakan up side down, serta sistem pengereman yang menggunakan single disc brake.

Skuter listrik yang belum diketahui namanya ini dikabarkan akan meluncur di tahun ini. Namun belum ada keterangan resmi dari pihak Harley-Davidson mengenai jadwal tepatnya.

Disain SKuter ListrikDisain skuter listrik Harley-Davidson. (Foto: Motorcycle.com)

Skuter listrik ini juga merupakan salah satu strategi Harley Davidson untuk mengembangkan pasar ditengah penurunan penjualan dari waktu ke waktu yang dialami perusahaan yang berbasis Millwauke, Amerika Serikat ini. Perusahaan terus melakukan terobosan dengan berencana membuat motor yang mengincar pasar medium level yang memiliki harga lebih terjangkau.

Sebelumnya, Harley-Davidson juga berencana menghadirkan motor berkapasitas mesin 338cc. Untuk melancarkan rencana tersebut, Harley telah menggandeng pabrikan motor asal China Qianjiang Motorcycle Company Limited, yang merupakan induk perusahaan Benneli.

Bila dikutip dari Reuters, Minggu, 19 Januari 2020, upaya Harley Davidson untuk menyasar segment motor medium serta dibarengi dengan penurunan kapasitas mesin bertujuan untuk memotong biaya produksi dan memperoleh setengah penjualan di luar AS pada 2027. Tentunya dengan memproduksi motor yang harganya lebih terjangkau dapat meningkatkan angka penjualan dan lebih banyak lagi konsumen yang membeli produk Harley-Davidson.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Harley-Davidson Segera Rilis Motor Bermesin Kecil
Harley-Davidson kali ini akan memproduksi sepeda motornya dengan kapasitas mesin ber-cc kecil,
Harley-Davidson Pan America dan Bronx Meluncur 2020
Harley-Davidson mengumumkan akan merilis dua sepeda motor terbarunya di tahun 2020, yakni Harley-Davidson Pan America dan Harley-Davidson Bronx.
Harley Davidson Stop Produksi Motor Listrik
Setelah menemukan ada kesalahan dalam pemeriksaan kualitas akhir, Harley Davidson memutuskan untuk menghentikan produksi sepeda motor listrik
0
Viral Hewan Mati Mendadak di Bekasi Bukan Hoaks
Polisi membenarkan video viral hewan mati di Cibarusah, Bekasi, benar terjadi dan bukan hoaks.