Kebakaran Besar Melanda Yunani dan Sekitarnya

Akibat dampak perubahan iklim global kebakaran besar melanda Yunani dan negara-negara di sekitarnya
Pesawat pemadam api telah beroperasi sejak kebakaran terjadi di Yunani lebih dari sepekan lalu (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Layanan darurat mengevakuasi warga di pinggiran utara Ibu Kota Yunani, Athena, setelah terjadi kebakaran baru pada Selasa, 3 Agustus 2021, malam. Angin kencang dan panas terik menyulitkan upaya penyelamatan tim SAR.

Petugas pemadam kebakaran Yunani berjuang memadamkan api kebakaran besar di luar Ibu Kota, Athena, pada Rabu, 4 Agustus 2021. Ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Yunani saat ini tengah menghadapi gelombang panas terburuk selama lebih dari tiga dekade. Suhu ekstrem telah memicu ratusan kebakaran di seluruh negeri. Layanan darurat berpacu dengan waktu untuk memadamkan api pada Selasa, 3 Agustus 2021, malam ketika api melalap daerah perumahan di pinggiran kota.

Ribuan penduduk di Dionysos, pinggiran utara Athena, diperintahkan untuk mengungsi. Petugas damkar mengecek setiap rumah untuk memastikan tidak ada warga yang tersisa.

"Di belakang kita ada neraka," teriak seorang warga dari mobilnya kepada wartawan di tempat kejadian.

Upaya pemadaman api di pulau RhodesUpaya pemadaman api di pulau Rhodes, Yunani (Foto: dw.com/id)

1. Athena Hadapi "Jam Kritis" Saat Suhu Melonjak

Kepala Perlindungan Sipil Yunani, Nikos Hardalias, mengatakan kebakaran itu "sangat berbahaya" dan diperparah oleh angin kencang dan panas terik. Suhu di Athena melonjak hingga 45 Celsius. "Ada jam-jam genting," kata Hardalias. "Negara kita sedang mengalami salah satu gelombang panas terburuk dalam 40 tahun terakhir."

"Karena gelombang panas akan terus berlanjut dalam beberapa hari mendatang, harap hindari aktivitas apa pun yang dapat memicu kebakaran," imbaunya.

Pihak berwenang melaporkan sejauh ini tidak ada korban cedera serius akibat kebakaran hutan sekitar Athena, yang diyakini oleh pejabat pemerintah, memiliki kaitan langsung dengan perubahan iklim

2. Langkah Selanjutnya untuk Krisis Karhutla

Operator jaringan nasional memperingatkan, pasokan listrik ibu kota bisa "terancam terputus total" setelah bagian dari sistem transmisi dimatikan. Para pejabat berharap embusan angin kencang akan segera mereda, sehingga memungkinkan pesawat pemadam api melanjutkan operasi mereka.

"Jika angin tidak bertiup, pesawat dapat memberikan solusi akhir," kata Gubernur Regional Giorgos Patoulis kepada televisi pemerintah ERT.

Pulau Rhodes yang dekat dengan Turki juga dilanda kebakaran serupa.

Yunani bukan satu-satunya negara yang dilanda kebakaran hutan mematikan musim panas ini. Italia, Turki, dan Albania juga terkena dampak serangkaian kebakaran yang dipicu oleh suhu tinggi dan kekeringan yang melanda di musim panas [ha/as (AP, AFP, Reuters, dpa)]/dw.com/id. []

Berita terkait
Musim Panas Tahun Ini Pariwisata Pulau di Yunani Mulai Bangkit
Industri pariwisata Yunani mulai merangkak naik pada musim panas ini, sementara industri pariwisata internasional terpuruk akibat pandemi Covid-19
0
Kebakaran Besar Melanda Yunani dan Sekitarnya
Akibat dampak perubahan iklim global kebakaran besar melanda Yunani dan negara-negara di sekitarnya