UNTUK INDONESIA

Hari Ke-10, Basarnas Persempit Wilayah Pencarian Sriwijaya Air

Pencarian jenazah dan CVR pesawat Sriwijaya Air akan dipersempit agar segera menemukan sisa jenazah yang belum ditemukan.
Tim Basarnas saat meletakkan kantong jenazah, pada Minggu, 17 Januari 2021. (Foto: Tagar/Basarnas)

Jakarta - Operasi SAR masih terus dilakukan oleh Basarnas dan tim gabungan untuk menemukan korban, kepingan pesawat, dan cockpit voice recorder (CVR) milik Sriwijaya Air SJ 182. Rencananya, di hari kesepuluh ini Basarnas akan mempersempit wilayah pencarian.

Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Brigjen TNI Rasman MS menjelaskan, dalam operasi SAR pihaknya tetap akan membagi wilayah pencarian menjadi empat sektor.

Yang pertama kita tetap mengutamakan untuk mencari bagian tubuh korban, serpihan, kemudian yang tidak kalah penting adalah CVR.

"Untuk bawah permukaan kita akan mempersempit sektornya ya karena di bawah itu sudah mengecil beberapa sektor, kemarin sudah kosong kita akan mepetkan, satu sektor kita bagi dalam empat sektor," jelas Rasman di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Jakarta Utara, dikutip Tagar, Senin, 18 Januari 2021.

Rasman mengatakan, pencarian hari kesepuluh ini akan mengutamakan pada pencarian bagian tubuh para korban, kepingan pesawat, dan CVR. Meskipun demikian, timnya tak akan mengesampingkan temuan lainnya juga.

"Yang pertama kita tetap mengutamakan untuk mencari bagian tubuh korban, serpihan, kemudian yang tidak kalah penting adalah CVR," kata Rasman.

Rasman berharap, dengan cakupan luas satu sektornya sekitar 15 sampai 30 meter persegi, tim penyelam bisa lebih fokus pada satu titik yang potensial terdapat bagian tubuh korban serta CVR pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

"Satu sektor itu kurang lebih sekitar15 sampai 30 meter, sehingga penyelam kita yang jumlahnya cukup banyak itu bisa lebih fokus ke sektor yang kita harapkan di situ ditemukan tiga unsur tadi ya (CVR, bagian tubuh, serta serpihan badan pesawat)," ujar Rasman.

Rasman menuturkan, sekitar 300 penyelam akan turun ke lokasi pencarian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dan berharap cuacanya dapat mendukung tim melakukan operasi SAR.

Dari rencana sebelumnya, perpanjangan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 berakhir pada hari ini, Senin, 18 Januari 2021. Namun, Basarnas belum memastikan apakah pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak itu akan kembali dilanjutkan atau tidak. []
(Amalia Amriati Fajri)

Berita terkait
24 Jenazah Korban Sriwijaya Air Teridentifikasi, Ini Namanya
Sebanyak 24 jenazah korban pesawat Sriwijaya Air berhasil di identivikasi, berikut nama-namanya
Ratusan Bagian Tubuh Korban Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan
Sebanyak 272 bagian tubuh, 46 kantong sepihan kecil pesawat, dan 50 serpihan besar pesawat.
Tim SAR Masih Fokus Cari CVR Sriwijaya Air SJ 182
Tim SAR gabungan masih fokus mencari cockpit voice recorder pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak di Kepulauan Seribu.
0
Hari Ke-10, Basarnas Persempit Wilayah Pencarian Sriwijaya Air
Pencarian jenazah dan CVR pesawat Sriwijaya Air akan dipersempit agar segera menemukan sisa jenazah yang belum ditemukan.