UNTUK INDONESIA

Hari Guru Nasional, Startup Pahamify Gelar Simposium

Startup Pahamify memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan pendidikan nasional dalam Hari Guru Nasional.
Logo resmi beserta spanduk dan baliho peringatan Hari Guru Nasional 2020. (Foto: Dok. Kemendikbud)

Jakarta - Bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional, Pahamify, sebagai salah satu startup platform pendidikan terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan pendidikan Indonesia. Kali ini upaya tersebut diwujudkan melalui serangkaian acara festival yang bertujuan untuk memberikan penghargaan serta dedikasi kepada guru-guru, khususnya atas kerja keras mereka di tengah pandemi Covid-19.

Para guru tidak hanya gigih bekerja sendiri, tapi juga bergerak secara kolektif demi menemukan solusi atas tantangan bersama.

Rangkaian acara ini digelar sejak 18 November hingga 28 November 2020 mendatang. Festival Hari Guru Nasional 2020 ini dapat diikuti oleh siswa maupun oleh para guru.

Syarif Rousyan Fikri, Chief Education Officer (CEO) Pahamify mengatakan, perlombaan untuk siswa berupa apresiasi kepada guru yang dituangkan lewat cipta & baca puisi yang dikemas secara interaktif melalui Tiktok Challenge. Atau membagikan cerita dan pemikiran inspiratif yang siswa dapatkan dari guru melalui utas di Twitter Challenge .

Menurutnya, untuk para guru, diadakan kompetisi berupa video refleksi satu menit yang bertema "Alasan Bapak/Ibu Guru Menjadi Seorang Guru". Kompetisi ini bermaksud untuk mengingat kembali tujuan, harapan, serta peran yang dilakukan dalam mendidik siswa-siswinya di segala situasi.

Apresiasi untuk guru-guru Indonesia juga diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam webinar bersama UNESCO beberapa waktu lalu. “Para guru tidak hanya gigih bekerja sendiri, tapi juga bergerak secara kolektif demi menemukan solusi atas tantangan bersama,” ucap Syarif dalam keterangan yang dikutip Tagar, Rabu, 25 November 2020.

Senada dengan tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini yaitu "Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar”, rangkaian festival terakhir akan ditutup dengan simposium tentang pandemi dan teknologi pendidikan. Simposium menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan mulai dari pemerintah, akademisi, praktisi, dan guru inspiratif yang pernah mendapatkan penghargaan di tingkat nasional maupun internasional.

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi para guru, startup Pahamify juga akan memberikan paket berlangganan gratis yang aktif hingga akhir tahun ajaran 2020/2021 atau hingga Juni 2021. Paket berlangganan gratis ini akan diberikan kepada seluruh siswa dari masing-masing 10 sekolah terpilih.

Menurut Syarif, serangkaian festival ini sebagai upaya mengobarkan semangat para guru dalam membangun generasi penerus bangsa, memberikan apresiasi sebesar-besarnya, serta memberikan wadah bagi para guru untuk saling berdiskusi khususnya tentang inovasi pembelajaran saat pandemi.” Harapannya dengan adanya apresiasi yang masif untuk para guru ini, mereka dapat semakin termotivasi dan turut serta dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia," tuturnya. []


Berita terkait
Sejarah Hari Guru Nasional 25 November
Hari Guru Nasional, Pertama kali diperingati tanggal 25 November 1945 bertepatan dengan didirikannya PGRI.
Hari Guru dan HUT PGRI dalam Pusaran Pilkada di Bantul
Hari Guru dan HUT PGRI saat masa kampanye Pilkada 2020. FopDek Bantul berharap perayaan tersebut tak dijadikan konsolidasi dukungan suara paslon.
Link Download Logo, Spanduk dan Baliho Hari Guru Nasional 2020
Berikut link unduhan atau download logo resmi beserta spanduk dan baliho peringatan Hari Guru Nasional 2020 dari Kemendikbud.
0
Hari Guru Nasional, Startup Pahamify Gelar Simposium
Startup Pahamify memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan pendidikan nasional dalam Hari Guru Nasional.