UNTUK INDONESIA
Harga Emas di Makassar Tembus Rp 1 Juta Satu Gram
Dampak wabah virus Corona yang menyebar secara masif di Indonesia, membuat harga emas meningkat tajam. Di Makassar harga emas tembus Rp 1 juta.
Emas di salah satu toko di Jalan Somba Opu Makassar, Rabu 1 April 2020. (Foto: Tagar/Muhammad Ilham)

Makassar - Dampak wabah virus Corona yang menyebar secara masif di Indonesia, membuat harga emas meningkat tajam. Di Makassar, Sulawesi Selatan, harga emas di pasaran tembus hingga Rp 1 juta rupiah per gramnya.

Faktor utama meroketnya emas, lantaran rupiah tertekan di atas Rp 16, 500 per Dollar Amerika Serikat, serta sentimen yang mendorong harga emas Antam naik hingga 1.600 Dollar per Ons Troi.

Sudah Rp 900 ribu per gram untuk emas 23 dengan kadar emas murni 95 persen, kalau 24 sudah Rp 1 juta per gram.

Hal itu terjadi karena pandemi Covid-19 yang ikut membuat emas fisik Antam menjadi aset pilihan. Hingga saat ini, sejumlah pertokoan yang menjajakan emas di Jalan Somba Opu, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, sepi pembeli.

Karyawan Toko Emas, Febi mengatakan, harga emas melonjak sejak wabah virus Corona terjadi.

"Sudah Rp 900 ribu per gram untuk emas 23 dengan kadar emas murni 95 persen, kalau 24 sudah Rp 1 juta per gram," kata Febi, Rabu 1 April 2020.

Kenaikan harga emas ini sebut Febi terjadi di minggu kedua pada bulan Maret dari harga emas per gramnya hanya Rp 770 ribu  tiba-tiba langsung menembus Rp 800 ribu hingga Rp 900 ribu per gramnya.

"Penyebabnya karena Corona, ditambah juga Dollar yang naik. Pembeli sepi sejak ada Corona, biasa kami menjual bisa 20 nota hingga 30 nota dalam sehari, tapi sekarang hanya bisa sampai lima nota. Sangat menurun," ungkapnya.

Terpisah, Asisten Manager Marketing Repsentative Antam Makassar, Tri Armanto menuturkan, sejak 23 Maret lalu seluruh emas di butik Antam telah habis terjual. Sementara suplai emas dari Jakarta sangat terganggu akibat mewabahnya virus Corona ini.

"Harga emas hari ini sudah mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun 2020 hingga sepanjang masa jika dikonversi dalam rupiah. Harga emas Antam 1.600 dollar per Ons Troi," sebutnya.

Tri Armanto berharap, kondisi saat ini dapat segera pulih sehingga rupiah dapat kembali normal, sehingga harga emas juga bisa kembali normal.

Karena wabah pandemi Covid-19 di Indonesia yang belum juga teratasi, hingga membuat emas fisik Antam menjadi aset pilihan saat ini. []

Berita terkait
Lempeng Emas Sumbu Filosofi Yogyakarta Hilang
Dua lempeng emas miniatur sumbu filosofi Yogyakarta di Diorama Tugu Pal Putih hilang diduga dicuri.
Fluktuasi Harga Emas Dipicu Konflik Iran dan AS
Fluktuasi harga emas yang terjadi akhir-akhir ini mendapat sorotan tersendiri dari Peneliti Alpha Research Database Indonesia Ferdy Hasiman.
Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 per Gram
Pada Jumat (29/11/2019), harga emas batangan Antam mencapai Rp 744.000 per gram.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.