Hanyut 10 Km, Bocah Sukoharjo Ditemukan Meninggal Dunia

Empat hari pencarian, bocah Tanjung Anom yang hanyut di sungai ditemukan meninggal dunia. Ia hanyut 10 Km hingga Sungai Bengawan Solo.
Tim SAR saat menemukan jenazah Jalu, bocah Sukoharjo yang hanyut di sungai di Tanjung Anom. Tubuhnya hanyut hingga 10 Km dan ditemukan di Sungai Bengawan Solo. (Foto: Tagar/Basarnas)

Sukoharjo - Upaya tak kenal lelah tim SAR gabungan mencari Jalu Catur Wiguna, bocah asal Tanjong Anom, Sukoharjo, yang hanyut di sungai berujung duka. Anak usia 10 tahun itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran Sungai Bengawan Solo. 

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya membenarkan penemuan jenazah Jalu. Menurutnya, tubuh Jalu ditemukan tim SAR gabungan Minggu, 10 Januari 2021, sekitar pukul 17.00 WIB. 

"Korban ditemukan kurang lebih 10 Km dari lokasi awal kejadian hanyut, mengambang di pinggir Sungai Bengawan Solo pada jam 5 sore tadi," kata dia. 

Korban ditemukan kurang lebih 10 Km dari lokasi awal kejadian hanyut.

Setelah memastikan bahwa jenazah bocah tersebut adalah Jalu, bocah yang dicari selama empat hari terakhir, petugas SAR kemudian mengevakuasinya ke Puskesmas Grogol. 

"Dibawa ke puskesmas Grogol untuk dilakukan visum sebelum diserahkan ke pihak keluarga," ujar dua.

Diketahui, Jalu Catur Wiguna, hanyut di sungai di kawasan Tanjung Anom, Grogol, Sukoharjo, Kamis, 7 Januari 2021, sekira pukul 16.30 WIB. Saat itu ia bermain di sekitar sungai bersama empat temannya, yakni Humas, 10 tahun, Elang (9), Bagas (9) dan Abdi Khoirun, 13 tahun. 

Baca juga: 

Selesai bermain, korban bermaksud mencuci sandalnya yang kotor di sungai. Nahas, ia terpeleset dan jatuh ke sungai ketika hendak mengambil sandal yang jatuh. Derasnya air sungai membuat tubuh mungil Jalu hanyut. 

Saat hanyut, rekan korban bernama Elang sudah berusaha menolong, namun ia juga malah ikut hanyut. Beruntung dia bisa menyelamatkan diri, sedangkan Jalu tetap terbawa derasnya arus sungai yang terhubung dengan Sungai Bengawan Solo tersebut. []

Berita terkait
Bocah 10 Tahun Hanyut di Sungai Tanjung Anom Sukoharjo
Jalu, bocah usia 10 tahun hilang hanyut di sungai kawasan Tanjung Anom, Sukoharjo. Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian.
Kronologi Warga Sukoharjo Hanyut Saat BAB di Bengawan Solo
Warga Sukoharjo, Jateng, hanyut di Sungai Bengawan Solo akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal. Berikut kronologi menurut Basarnas Semarang.
Lompat ke Bengawan Solo, Pria Sragen Ditemukan Meninggal
Tim SAR gabungan menemukan pria asal Sragen dalam kondisi meninggal dunia di Sungai Bengawan Solo. Ia diduga sengaja melompat ke sungai.
0
Sejumlah Aturan Baru PPDB 2021 untuk SD Hingga SMK
Kemendikbudristek menetapkan delapan aturan baru dalam PPDB 2021 mulai dari perubahan batas usia hingga daya tampung sekolah pada zonasi peserta.