Hakim Tinjau Serpihan Pesawat Malaysia Airlines MH17

Hakim dan pengacara Belanda diizinkan untuk melihat puing bangkai pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh ditembak dengan rudal
Hakim Hendrik Steenhuis dan tim pengacara lainnya meninjau puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 di pangkalan udara militer Gilze-Rijen, Belanda (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Hakim dan pengacara Belanda diizinkan untuk melihat puing bangkai pesawat Malaysia Airlines MH17 dan amati kerusakan pesawat yang ditembak jatuh di wilayah Ukraina, 17 Juli 2014. Empat tersangka dari Rusia dan Ukraina akan diadili secara in absentia.

Hakim Belanda, Hendrik Steenhuis, yang memimpin persidangan in absentia (pemeriksaan suatu perkara tanpa kehadiran pihak tergugat) terkait pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh ditembak dengan rudal, diizinkan untuk melihat bangkai pesawat tersebut untuk pertama kali pada Rabu, 26 Mei 2021, di pangkalan udara Glize-Rijen di Belanda.

Jaksa telah mengajukan dakwaan terhadap tiga warga Rusia dan seorang warga Ukraina yang diduga berperan dalam kecelakaan jatuhnya pesawat MH17.

Penerbangan MH17 dengan rute Amsterdam ke Kuala Lumpur pada 17 Juli 2014 terkena hantaman rudal BUK yang ditembakkan oleh pasukan yang didukung Rusia di timur Ukraina. Seluruh penumpang yang berjumlah 298 orang tewas dalam insiden itu. 196 penumpang diantaranya adalah warga negara Belanda.

rudal bukRudal BUK menewaskan 298 penumpang pesawat Malaysai Airlines MH17 (Foto: dw.com/id)

Belanda menuding Rusia bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat tersebut, meski Rusia menyangkal semua keterlibatannya.

1. Kunjungan Emosional Bagi Para Hakim dan Keluarga Korban

Hakim ketua Hendrik Steenhuis mengatakan, "Kami menyadari bahwa kunjungan ke lokasi rekonstruksi MH17 ini sebagai bagian dari proses pidana resmi yang sangat emosional bagi kerabat korban."

Setelah hakim mengamati puing-puing pesawat, jaksa dan pengacara pembela yang sebelumnya telah melakukan peninjauan juga diizinkan untuk kembali melihat bangkai MH17. Keluarga korban bisa menyaksikan observasi itu melalui siaran langsung.

Arlette Schijns, seorang pengacara untuk keluarga korban, mengatakan "Setiap orang yang melihat itu dapat membayangkan bahwa penderitaan non-materi yang disebabkan kecelakaan ini sangat besar."

2. Siapa yang Diadili Atas Penembakan Penerbangan MH17?

Tiga warga negara Rusia, Oleg Pulatov, Igor Girkin, dan Sergei Dubinsky, serta seorang warga negara Ukraina, Leonid Kharchenko, diadili secara in absentia atas kejahatan menembak MH17 dengan rudal BUK.

Hakim pengadilan dan pengacaraHakim pengadilan dan pengacara melihat puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 yang direkonstruksi (Foto: dw.com/id)

Investigasi internasional telah menunjukkan rudal yang menjatuhkan pesawat MH17 adalah milik Brigade Rudal Anti-Pesawat ke-53 Angkatan Darat Rusia.

Dari empat tersangka, hanya Pulatov yang didampingi pengacara pembela. Dia menyangkal terlibat dalam insiden jatuhnya pesawat MH17. Namun, menurut hukum Belanda, terdakwa tidak diharuskan untuk mengajukan pembelaan [ha/as (AFP, AP, dpa, Reuters)/dw.com/id. []

Berita terkait
Rusia Mundur dari Konsultasi Penembakan Pesawat MH17
Rusia tarik diri dari konsultasi dengan Belanda dan Australia dalam kasus penerbangan MH17 yang ditembak jatuh di atas Ukraina tahun 2014
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.