UNTUK INDONESIA

Hakim Sahyuti Tolak Permintaan Habib Rizieq Hadirkan Saksi Online

Hakim menolak memenenuhi permintaan Kuasa Hukum Habib Rizieq untuk menghadirkan ahli hukum pidana via Zoom.
Pimpinan FPI Rizieq Shihab. (Tagar/Kompas.com)

Jakarta - Hakim tunggal, Akhmad Sahyuti menolak memenenuhi permintaan Kuasa Hukum Habib Rizieq untuk menghadirkan ahli hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII), Mudzakir via Zoom dalam sidang lanjutan praperadilan lantaran berdomisili di Yogyakarta.

Sebelumnya, Kuasa Hukum Rizieq, Muhammad Kamil Pasha meminta izin untuk menghadirkan Mudzakir sebagai saksi via Zoom karena dirinya berdomisili di Yogyakarta, pada sidang lanjutan praperadilan yang digelar hari Kamis, 7 Januari 2021.

“Dari beberapa ahli, kami ajukan satu doktor Mudzakir dari Universitas Islam Indonesia izin sampaikan keterangan via Zoom karena sekarang pemerintah perketat PSBB lagi jadi agak susah keluar dari Jogja,” ujar Kamil Pasha saat persidangan pada Rabu, 6 Januari 2021.

Karena zoom ini agak susah juga kita jarak jauh itu. nanti yang menyumpahnya lagi di sana, semua itu harus terpenuhi.

Baca juga: Minta Status Tersangka Dibatalkan, Habib Rizieq Hadirkan 2 Saksi

Namun, Hakim Sahyuti menolak permintaan tersebut lantaran sulit untuk memberikan fasilitas daring dan butuh proses pengambilan sumpah sebelum memberikan kesaksian.

“Karena zoom ini agak susah juga kita jarak jauh itu. nanti yang menyumpahnya lagi di sana, semua itu harus terpenuhi,” ujar Akhmad Sahyuti pada Rabu, 6 Januari 2021.

Diketahui sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjadwalkan sidang lanjutan praperadilan Rizieq terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Hakim Sahyuti menyampaikan sidang yang digelar pada hari ini, Kamis, 7 Januari 2021 untuk saksi dan ahli dari pemohon, sedangkan sidang lanjutan pada Jumat, 8 Januari 2021 untuk termohon.

“Besok (hari ini) untuk saksi dan ahli pemohon. Kemudian, hari Jumat untuk termohon,” ujarnya pada Rabu, 6 Januari 2021.

Baca juga: Mengintip Pengamanan Pada Sidang Praperadilan Habib Rizieq

Diketahui, Rizieq mengajukan gugatan praperadilan terkait penetapannya sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. Dalam permohonan praperadilan ini, setidaknya ada 3 pihak yang digugat sebagai Termohon yakni Penyidik cq Kepala Subditkamneg Ditreskrimum cq Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya sebagai Termohon I, Kapolda Metro Jaya sebagai Termohon II dan Kapolri sebagai Termohon III. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Berita terkait
Kata Polisi soal Ajakan Rizieq ke Pernikahan Najwa Shihab
Pihak polisi menilai Rizieq lah yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi untuk menghadiri pernikahan putrinya.
Habib Rizieq Minta Status Tersangkanya Dinyatakan Tidak Sah
Rizieq Shihab meminta status tersangkanya dalam kasus kerumunan di Petamburan Jakarta Pusat dinyatakan tidak sah.
Prapengadilan Perdana Rizieq Shihab, PN Jaksel Akan Diperketat
Rizieq Shihab akan melakukan praperadilan perdana pada Senin, 4 Januari 2021 pukul 09.00 WIB. Polisi akan perketat pengamanan.
0
Hakim Sahyuti Tolak Permintaan Habib Rizieq Hadirkan Saksi Online
Hakim menolak memenenuhi permintaan Kuasa Hukum Habib Rizieq untuk menghadirkan ahli hukum pidana via Zoom.