UNTUK INDONESIA
Haerul, Pria Pinrang Sulsel Akan Buat Pesawat Amfibi
Pria asal Pinrang yang tak lulus Sekolah Dasar dan berhasil membuat pesawat terbang, kini berencana akan membuat pesawat Amfibi
Pembuat pesawat Ultralight, Haerul saat menjadi narasumbwr dari kegiatan sharing sesion. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Makassar - Haerul, pemuda asal Kabupaten Pinrang yang sempat viral karena berhasil membuat dan menerbangkan jenis pesawat ultralight yang Ia buat dengan memanfaatkan barang bekas, setelah bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko, Haerul kembali akan membuat pesawat yang bisa digunakan di perairan.

“Pengalaman setelah viral di mana- mana, saya mendapat banyak tambahan ilmu dan pengalaman yang tidak terlupakan. Bahkan saat ketemu dengan Pak Moeldoko, saat akan pulang ke Makassar beliau berpesan agar saya bisa membuat pesawat jenis amfibi,” kata Haerul memberi sharing sesion di Universitas Bosowa (Unibos), Jumat, 7 Februari 2020.

Gagal merupakan hal yang wajar namun merakit adalah hobi saya dari umur lima tahun.

Haerul menyebut, tantangan yang telah diberikan oleh Moeldoko sebagai motivasi tersendiri dan mengaku siap untuk mengerjakan itu.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya,” ujar pria yang hobi merakit itu.

Selain menyebut rencana kedepan, kepada forum yang hadir dalam sesion menceritakan proses yang dilakukannya selama membuat pesawat tersebut, termasuk hal-hal menarik yang dialaminya. Mulai dari uji coba yang gagal beberapa kali, hingga akhirnya berhasil terbang setelah lima kali uji coba.

”Gagal merupakan hal yang wajar namun merakit adalah hobi saya dari umur lima tahun dan memang bercita-cita merakit pesawat,” jelasnya

Sementara itu, Rektor Unibos Prof Saleh Pallu mengapresiasi Inovasi seperti ini harus kita dukung maksimal dengan harapan kita selanjutnya muncul generasi-generasi inovatif dan kreatif yang dapat memanfaatkan bahan sederhana tetapi menghasilkan hal yang luar biasa.

“Semoga dari berhasilnya pembuatan pesawat Haerul ini bisa menumbuhkan jiwa kreatif pemuda-pemuda Indonesia, bukan hanya membuat pesawat tapi juga mobil dan alat-alat kreatif yang bermanfaat bagi masyaraka,” jelasnya.

Saleh juga menyebut, dengan talenta yang dimiliki oleh Haerul, Unibos telah melihat peluang untuk membantu agar meningkatkan daya produksi pesawat yang jauh lebih baik. []

Berita terkait
Pembuat Pesawat Asal Pinrang Diingatkan Tak Terlena
Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Dwia Aries Tina berpesan kepada pemuda pembuat pesawat asal Pinrang agar tidak terlena. Ini asannya
Pria Pinrang Bikin Pesawat Belajar di YouTube
Pria tidak tamat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pinrang Sulsel berhasil membuat pesawat terbang dari bahan rongsokkan.
Tak Lulus SD, Pria Pinrang Sulsel Sudah Buat Pesawat
Pria Pinrang tak lulus sekolah dasar berhasil membuat pesawat terbang, berkat kejeniusannya dia dipanggil Gubernur Sulsel.
0
Program Sejuta Rumah di Sidempuan Sarat Kejanggalan
Yayasan Kompak melaporkan dugaan penyimpangan program sejuta rumah di Kota Padangsidempuan.