Gus Miftah Ternyata Memiliki Darah Raja Kartasura

Gus Miftah, seorang dai idola milenial, selain keturunan kiai besar di Jawa juga merupakan keturunan raja Kartasura, yaitu Pakubuwono 2.
Gus MIftah sedang ceramah. (Foto: Tagar/Pertamina)

Jakarta - Salah satu pendakwah yang tengah digemari kaum milenial adalah Gus Miftah. Ia kerap wara-wiri di lini masa media sosial, diundang di televisi-televisi, hingga sering tampil di Podcast Deddy Corbuzier. Siapakah beliau?

Gus Miftah merupakan ulama yang mau menyentuh tempat-tempat yang dianggap maksiat, jauh dari kebaikan, seperti lokalisasi.

Selain itu, Gus Miftah juga dikenal dekat dengan orang-orang tersohor seperti Deddy Corbuzier dan Anies Baswedan.

Gus Miftah juga merupakan pemilik sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta.

Nama lengkapnya adalah Miftah Maulana Habiburrahman. Lahir di Lampung, 5 Agustus 1981.

Pria berambut gondrong ini diketahui telah mengislamkan banyak orang. Puncaknya adalah saat ia mengislamkan Deddy Corbuzier.

Gus Miftah memiliki seorang istri bernama Ning Astuti yang ia nikahi pada 2004.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua anak yang bernama Atqiya' dan Mecca.

Di bidang pendidikan dan organisasi, Gus Miftah dikenal sebagai penceramah lulusan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Selama berkuliah, Gus Miftah aktif berkegiatan di organisasi ekstra kampus yakni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Selain itu, Gus Miftah ternyata juga anggota dari organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Nahdlatul Ulama atau NU.

Gus Miftah memiliki garis keturunan seorang kiai. Ia pernah mengatakan saat bersama Anies Baswedan bahwa dirinya merupakan keturunan dari Kiyai Ageng Hasan Besari.

Sosok Kiyai Ageng Hasan Besari merupakan ulama besar di Jawa dan pendiri Pondok Pesantren Tegalsari, Ponorogo.

Selain sebagai ulama terkemuka, Kiyai Ageng Hasan Besari merupakan menantu dari Pakubuwono II raja Kartasura.

Gus Miftah sendiri merupakan keturunan ke-9 dari Kiyai Ageng Hasan Besari tersebut, sehingga layak mendapat gelar 'Gus'.

Itulah profil Gus Miftah yang ternyata merupakan keturunan dari ulama besar Jawa, Kiyai Ageng Hasan Besari. Seorang ulama pendiri Ponpes Tegalsari, Ponorogo. []


Baca juga


Berita terkait
Sehimpun Kata-kata Bijak dari Gus Dur
Gus Dur merupakan presiden yang dikenal sebagai bapak toleransi. Salah satu pesannya adalah ajakan untuk melihat perbedaan sebagai fitrah.
Deddy Corbuzier Minta Maaf Sekaligus Klaim Bantu Difabel
Deddy Corbuzier meminta maaf kepada para penyandang disabilitas sekaligus klaim bantu mereka melalui akun Instagramnya, Rabu, 30 Juni 2021.
Ganjar Telepon Gus Miftah, Cegah Klaster Pengajian Pemalang
Ganjar menelepon Gus Miftah untuk membatalkan pengajian di Pemalang. Upaya ini untuk mencegah munculnya klaster pengajian.
0
Gus Miftah Ternyata Memiliki Darah Raja Kartasura
Gus Miftah, seorang dai idola milenial, selain keturunan kiai besar di Jawa juga merupakan keturunan raja Kartasura, yaitu Pakubuwono 2.