Deddy Corbuzier Minta Maaf Sekaligus Klaim Bantu Difabel

Deddy Corbuzier meminta maaf kepada para penyandang disabilitas sekaligus klaim bantu mereka melalui akun Instagramnya, Rabu, 30 Juni 2021.
Deddy Corbuzier. (Foto: Tagar/Instagram/deddycorbuzier).

Jakarta - Youtuber sekaligus mentalis, Deddy Corbuzier meminta maaf kepada para penyandang disabilitas melalui akun Instagramnya, Rabu tengah malam, 30 Juni 2021. Permintaan maaf ini diunggah Deddy setelah disomasi organisasi penyandang disabilitas, Perhimpunan Jiwa Sehat lantaran dalam salah satu podcast bersama Komika Mongol Stres dianggap menghina orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ.

"Boleh tidak saya beragumen walau tetap saya minta maaf karena minta maaf itu baik, hari ini yes hari ini 80 asosiasi dari komunitas difabel dll memberi saya somasi karena konteks jokes orang gila dengan tuntutan hukum dsb," tulis Deddy Corbuzier dalam akun instagramnya, @Mastercorbuzier yang diunggah pada Rabu tengah malam, 30 Juni 2021.

Dalam pernyataan di media sosial tersebut Deddy juga menyatakan tidak takut akan konsekuensi yang telah dilakukannya melalui unggahan podcastnya. Ia menuliskan pernyataan tersebut dengan huruf kapital. "TAKUT AKAN HUKUM NYA? NOT REALLY ... BUT ...I'M MORE TO SAD...," tulisnya.


Saat ratusan tangan mereka saya jamah saat saya berkunjung ke mereka satu persatu sejak dulu atau bahkan saat tadi pagi saya upload video tentang hebatnya anak autisme, where are you guys?


Deddy mempertanyakan kembali kepada organisasi penyandang disabilitas mengenai upaya dirinya yang sudah berusaha mengunggah konten tentang isu disabilitas. Ia bertanya mengapa unggahan konten tentang penyandang disabilitas tidak diberi penghargaan.

"Saya bertanya, kok tidak pernah ada satu pun asosiasi yang memberi saya penghargaan .... jangankan penghargaan... kenapa enggak ada asosiasi komen ke saya langsung? Sekali lagi saya bertanya... saat ratusan tangan mereka saya jamah saat saya berkunjung ke mereka satu persatu sejak dulu atau bahkan saat tadi pagi saya upload video tentang hebatnya anak autisme, where are you guys? " tulis Deddy.

Organisasi Penyandang Disabilitas Perhimpunan Jiwa Sehat bersama lebih dari 80 OPD lain melayangkan somasi kepada Deddy Corbuzier pada 29 Juni 2021. Ia dianggap telah melakukan penyesatan informasi, data dan fakta mengenai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Somasi ini dilayangkan lantaran dalam salah satu kanal Youtube, Deddy bersama Komika Rony Imannuel atau yang populer dengan nama Mongol Stres melakukan dialog podcast yang menyebut bahwa rumah sakit jiwa di seluruh dunia belum ada satu pun yang terpapar Covid-19. Selanjutnya terdapat percakapan yang mengatakan orang gila tidak ada yang pakai masker.

"Sampai hari ini, judul podcast tersebut juga menyesatkan, 'Orang Gila Bebas Covid'," kata Direktur Perhimpunan Jiwa Sehat, Yeni Rosa Damayanti, seperti yang tertera dalam surat somasi.

Selain penyesatan informasi, dialog yang dilakukan Deddy dan Mongol dianggap menghina penyandang disabilitas mental, meskipun dilakukan dalam konteks bercanda. "Dalam pasal 7 UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas juga telah disebutkan, penyandang disabilitas mental memiliki hak bebas dari stigma yang meliputi hak bebas dari pelecehan, penghinaan dan pelabelan negatif terkait kondisi disabilitasnya," kata Yeni.

PJS juga memprotes dialog antara Deddy dan Mongol yang menganggap penyandang disabilitas mental tidak dapat berkomunikasi. Dalam dialog tersebut Deddy dan Mongol mengatakan, "Orang gila mau ngomongin apa? Orang dua-duanya sedeng iya kan? Dua orang gila ketemu Mongol di Cilandak, dua orang gila itu ketemu papasan di jalan enggak ada yang pakai 'whats up bro,' nggak ada begitu, padahal di rumah sakit sekamar loh."

Penyampaian Deddy Corbuzier dan Mongol Stres mengenai ODGJ dianggap PJS sangat merendahkan penyandang disabilitas mental. "Penyandang disabilitas tidak ingin dijadikan obyek lawakan," kata Yeni. []


Baca juga


Berita terkait
Polemik Deddy Corbuzier dan Luna Maya Soal Depresi Danella Ilene
Danella Ilene menjadi ramai dibicarakan publik menyusul curhatnya mengenai depresi, mendapat reaksi negatif dari Deddy Corbuzier dan Luna Maya.
Aldi Taher Vs Deddy Corbuzier, Perang Sindiran di Media Sosial
Bintang sinetron Aldi Taher kembali menuai sorotan publik usai menuding Deddy Corbuzier melakukan aksi panjat sosial alias pansos.
Dua Menteri Jokowi Ditangkap KPK, Deddy Corbuzier Kecewa
Deddy Corbuzier yang pernah mengundang dua orang menteri Jokowi di acara podcast yang diasuhnya, mengaku kecewa dengan penangkapan KPK.
0
Deddy Corbuzier Minta Maaf Sekaligus Klaim Bantu Difabel
Deddy Corbuzier meminta maaf kepada para penyandang disabilitas sekaligus klaim bantu mereka melalui akun Instagramnya, Rabu, 30 Juni 2021.