UNTUK INDONESIA

Gurita Langka Berkaki Sembilan Ditemukan di Utara Jepang

Penemuan gurita langka berkaki sembilan di Teluk Shizugawa di utara Jepang mengejutkan seorang peneliti lokal.
Penemuan gurita langka berkaki sembilan di Teluk Shizugawa di utara Jepang mengejutkan seorang peneliti lokal. (Foto: Tagar|Japan News|Gurita Berkaki Sembilan).

Jakarta - Penemuan gurita langka berkaki sembilan di Teluk Shizugawa di Minami-Sanriku, Prefektur Miyagi, utara Jepang mengejutkan seorang peneliti lokal. Menurutnya, ia belum pernah melihat fenomena langka seperti itu.

Seekor gurita memiliki kemampuan untuk meregenerasi delapan kakinya. "Kebetulan, kemungkinan saja gurita ini menambah satu kaki," kata peneliti tersebut seperti diberitakan dari portal Japan News, Rabu, 25 November 2020.

Makhluk berkaki sembilan itu ditemukan oleh Kazuya Sato (40 tahun), nelayan budi daya rumput laut wakame di kota tersebut. Pada 13 November 2020, ia menangkap empat gurita dan membawanya pulang. Saat akan dimasukkan ke dalam panci untuk direbus, ibunya melihat salah satu ekor gurita berkaki sembilan.

"Tentu saja saya terkejut, kemudian saya membawanya ke pusat penelitian Shizugawa (Shizugawa Nature Center) di Minami Sanriku," kata Sato.

Menurut peneliti berusia 46 bernama Takuzo Abe, gurita dapat meregenerasi satu kaki meskipun dipotong. Jika satu kaki rusak, yang baru bisa tumbuh kembali dari daerah yang rusak.

"Tungkai ekstra gurita berkaki sembilan itu bercabang dari tengah kaki ketiga di sisi kiri," kata Abe.

Pada tahun 1998, seekor gurita dengan 96 kaki ditangkap di Teluk Matoya di Prefektur Mie, Jepang. Spesimen tersebut telah disimpan di akuarium Shima Marineland di prefektur.

The Nature Center merendam gurita dalam alkohol untuk mengawetkannya sebagai spesimen, dan berencana untuk memajangnya di depan umum. "Saya ingin meninggalkan ini untuk anak cucu dan untuk pengetahuan banyak orang tentang kekayaan alam Teluk Shizugawa," kata Abe. []

  • Baca Juga: 
Berita terkait
Melancong ke Brasil, Wanita Jepang Tewas Terbunuh
Seorang turis wanita asal Jepang, Hitomi Akamatsu ditemukan tewas di dekat air terjun di negara bagian Goias, Brasil.
Penonton dari Luar Jepang Bisa Hadir di Olimpiade Tokyo
Komite Olimpiade Internasional yakin penonton asing dari luar Jepang bisa hadir untuk menonton jika mereka sudah mendapat vaksinasi virus corona
Lonjakan Pandemi, Jepang Tidak Batasi Perjalanan dan Bisnis
Jumlah kasus baru harian di Jepang capai rekor tertinggi, tapi pemerintah Negeri Sakura itu tidak membatasi perjalanan dan bisnis
0
Gurita Langka Berkaki Sembilan Ditemukan di Utara Jepang
Penemuan gurita langka berkaki sembilan di Teluk Shizugawa di utara Jepang mengejutkan seorang peneliti lokal.