UNTUK INDONESIA
Gunung Anak Krakatau Dikepung 5 Pulau Eksotis
Gunung Anak Krakatau yang berada di antara Lampung dan Banten ternyata dikepung 5 pulau eksotis yaitu Umang, Liwungan, Sebuku, Sebesi, Sangiang.
Kapal motor berkapasitas 15-20 orang, siap mengantar wisatawan mengeksplor surga wisata di Barat Pulau Jawa. (Foto: Tagar/Morteza Syariati Albanna)

Jakarta - Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pada Jumat, 17 April 2020 pukul 07.49 WIB dan statusnya hingga kini masih berada di level II atau waspada, hal tersebut disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). 

Namun, ternyata gunung api tersebut, berada tidak jauh dengan beberapa pulau yang memiliki panorama eksotis. Sehingga, wajib dikunjungi nantinya setelah wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia mereda.

Gunung Anak Krakatau dan beberapa pulau yang ada di dekatnya memang dikenal atau populer menjadi destinasi wisata alam yang sering dikunjungi wisatawan.

Panorama dan suasana menenangkan yang ada di lokasi wisata tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan apabila telah menyelaminya.

Berikut Tagar informasikan sejumlah pulau eksotis yang dekat dengan Gunung Anak Krakatau.

1. Pulau Sebesi

Pulau SebesiPulau Sebesi. (Foto: Instagram/sagustik).

Pulau Sebesi menjadi salah satu destinasi wisata terdekat dengan Gunung Anak Krakatau. Lokasinya terletak di wilayah Sari Natar, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Pulau ini memiliki bukit yang biasa dikenal Gunung Sebesi dan menjadi salah satu spot yang amat populer lantaran pemandangannya yang menakjubkan dengan gugusan pulau yang mengelilinginya sehingga terlihat menawan.

Beragam hal yang bisa dilakukan wisatawan saat berada di pulau ini, salah satunya ialah menyaksikan matahari terbenam. Momen ini menjadi yang dinanti para wisatawan dan bisa membuat mata terasa dimanjakan.

2. Pulau Sangiang

Pulau SangiangPulau Sangiang. (Foto: Instagram/explorebantentravel)

Pulau Sangiang merupakan pulau kecil yang berlokasi di Selat Sunda, yaitu antara Jawa dan Sumatera. Tetapi secara administratif, area ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten.

Keindahan pulau ini terletak pada hutan bakaunya yang mampu memberikan sensasi kepada wisatawan seakan berada di Sungai Amazon. Selain itu, beberapa spot menarik lainnya yang wajib disambangi pengunjung, seperti Gua Kelalawar.

Umumnya, para wisatawan yang datang ke sini akan menikmati indahnya panorama dari puncak bukit yang ada di sini.

Untuk merasakannya, para wisatawan perlu melakukan trekking ke atas bukit dan bersantai sambil menikmati panorama pulau dari ketinggian yang mampu menyirnakan kejenuhan dari rutinitas yang menjemukan.

3. Pulau Umang

Pulau UmangPulau Umang. (Foto: Instagram/pulauumangresort/kurniawan_dony)

Pulau Umang juga menjadi salah satu destinasi wisata alam terdekat dari Gunung Anak Krakatau. Pulau kecil satu ini juga merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena terbenamnya matahari.

Para wisatawan juga bisa menikmati indahnya beragam biota laut di Pulau Umang dengan snorkling.

Dengan jarak 183 kilometer dari Jakarta, wisatawan bisa merogoh kocek sebesar Rp 70.000 sampai Rp 100.000 untuk menyeberangi lautan menggunakan boat dari Pantai Sumur untuk sampai ke sini.

Keindahan panorama alamnya yang menakjubkan di Pulau Umang tentu tak akan bisa dilupakan.

4. Pulau Sebuku Besar

Pulau Sebuku BesarPulau Sebuku Besar. (Foto: Instagram/botrok_)

Sesuai dengan namanya, Pulau Sebuku Besar memiliki ukuran yang lebih besar dari Pulau Sebuku Kecil dan lokasinya juga bersebrangan.

Destinasi wisata alam satu ini juga memiliki panorama yang tak kalah indah dipandang mata. Di sini, wisatawan bisa menyaksikan beberapa biota laut di permukaan.

Hal ini lantaran air laut yang ada di Pulau Sebuku Besar berwarna jernih sehingga membuat pemandangannya semakin indah dan memanjakan mata.

5. Pulau Liwungan

Pulau LiwunganPulau Liwungan. (Foto: Instagram/pulauliwungan/)

Pulau Liwungan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang tak terlalu jauh dengan Gunung Anak Krakatu. Uniknya, pulau ini dihuni oleh satu keluarga saja sebagai penjaga lokasi yang memiliki luas sekitar 50 hektar.

Keindahan Pulau Liwungan tentu tak kalah memesona dari pulau lainnya, putihnya pasir, jernihnya laut, dan tenangnya ombak mampu menghipnotis mata para wisatawan yang berkunjung.

Tak hanya itu, beragam aktivitas juga bisa dilakukan tempat wisata alam satu ini, seperti snorkling, diving, banana boat, berenang, atau hanya sekadar bermain pasir di pinggir pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Liwungan ini juga terbilang lengkap, seperti warung, gazebo, toilet, dan musala yang bisa digunakan untuk beribadah.

Hal tersebut tentu mampu membuat para wisatawan yang berkunjung ke area pulau eksotis yang dekat dengan Gunung Anak Krakatau, akan terasa memiliki pengalaman yang tak akan terlupakan sepanjang masa. []

Berita terkait
Dalam Dekap Malam di Gunung Lawu
Dalam dekap malam yang dingin, harus segera diputuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Sendang Drajat.
Gunung Lawu, Melihat Keindahan dari Ketinggian
Cukup jauh menapak jejak, hingga akhirnya diberikan kesempatan menginjak Hargo Dumilah, puncak tertinggi di Gunung Lawu.
Eksotisme Pantai Perawan Pulau Dolphin
Menelusuri Pantai Perawan di Pulau Dolphin, Kepulauan Seribu, Jakarta. Tempat terbaik menyambut mentari pagi.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.