UNTUK INDONESIA
Gubernur Sumbar Jamin Salat Idul Adha Aman Corona
Ribuan umat Islam melaksanakan salat Idul Adha di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat.
Ribuan umat Islam salat Idul Adha di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat.

Padang - Ribuan umat Ismal akhirnya bisa melaksanakan salat Idul Adha 1441 Hijriah di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Jumat, 31 Juli 2020. Pelaksanaan salat tetap dilangsungkan sesuai protokol kesehatan.

Waktunya jelas, tempat duduknya jelas, insyallah aman dan tetap sehat.

Para jemaah membawa sajadah masing-masing dari rumah. Suhu tubuh mereka juga diperiksa dengan thermogun. Salat Idul Adha 2020 ini diimami ustaz Irsyad. Sedangkan khatibnya Ketua MUI Kota Padang yang juga guru besar UIN Imam Bonjol Padang, Duski Samad.

Dalam khutbahnya, Duski mengatakan, ujian pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 4 bulan membutuhkan kekuatan, daya tahan diri, keluarga dan masyarakat dalam menghadapi ancaman psikis, ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

"Menguatkan solidaritas internal dalam keluarga seperti yang diteladankan Nabi Ibrahim, istrinya dan anaknya Ismail tegar dan satu kata menghadapi iblis," katanya dalam khutbah berjudul "masa pandemi Covid-19 meneguhkan ketahanan mental spritual dan kepekaan sosial.

Ibadah kurban di masa pandemi menjadi media menguatkan energi taqwa untuk menjadi penggerak ketahanan diri, keluarga dan masyarakat menghadapi sosial ekonomi di masa datang.

"Ketaqwaan adalah semakin dekatnya kepada Allah, dengan bangkitnya gerakan kembali ke masjid, syiarnya Islam dan kehidupan sosial," katanya.

Selain itu, kurban haji dan salat Idul Adha adalah mediasi menjaga kedekatan perasaan, kesamaan hati dan perasaan serta kesatuan tindakan untuk dapat berbagi. Sesama manusia dapat berbagi rezeki di masa pandemi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, salat dilaksanakan tanpa melakukan kerumunan. Setiap jemaah berjarak dan memakai masker. Pulang dengan antrian yang tertib.

"Jemaaah di sini lebih bisa kita kontrol dibandingkan yang lainnya. Sebab waktunya jelas, tempat duduknya jelas, insyallah aman dan tetap sehat," katanya. []

Berita terkait
Jelang Idul Adha, Pencurian Sapi Marak di Sumbar
Aksi pencurian sapi marak terjadi di Sumatera Barat jelang perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.
Sapi Kurban Jokowi di Sumbar Seharga 72 Juta
Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi kurban untuk Sumatera Barat seharga Rp 72 juta dengan berat 1,1 ton.
Calon Wagub Sumbar Audy Joinaldi Bantah Isu Miring
Bakal calon wakil Gubernur Sumbar dari PPP, Audy Joinaldi membantah isu miring soal keterlibatannya di PT Dempo yang pemiliknya ditangkap KPK.
0
Bioskop di Jakarta Sudah Dibuka, Begini Aturannya
Sejumlah bioskop termasuk CGV kembali dibuka. Dalam satu hari CGV hanya membuka 8 auditorium.