Gubernur Khofifah Sebut SCF Berpotensi Disalahgunakan

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyebut SCF erpotensi disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberi sambutan dalam acara Sosialisasi Securities Crowdfunding bagi Pelaku UMKM di Wilayah Jawa Timur & Kalimantan. (Foto: Tagar/Eka)

Jakarta – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyebut Securities Crowndfunding (SCF) berpotensi disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab mengingat ada cukup banyak masyarakat yang telah menelan pil pahit atas kasus pinjaman online ilegal yang tengah muncul belakangan ini.

“Niatnya baik, tapi di tengah jalan ada yang ilegal juga beroperasi. Tidak menutup kemungkinan SCF yang sudah mengantongi izin ini kemudian ada ikutannya,” ujar Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan Sosialisasi Securities Crowdfunding bagi Pelaku UMKM di Wilayah Jawa Timur & Kalimantan di kanal YouTube Jasa Keuangan, Selasa, 23 November 2021.

Ia menegaskan bahwa kasus penyalahgunaan ini sangat mungkin terjadi di dalam berbagai sektor, termasuk SCF. Oleh karena itu, ia meminta pemerintah untuk melakukan pengawalan, penjagaan, dan perlindungan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), koperasi, dan perusahaan start up.


Kami menyampaikan terima kasih karena di Jawa Timur ini ada 9,8 juta UMKM dan koperasi tentu mereka akan mendapatkan harapan harapan baru.


“Pemerintah sesungguhnya disiapkan referensi sumber pendanaan lain melalui Securities Crowdfunding. Tapi, ada yang mengalahgunakan dan seterusnya karena katakanlah di dalam berbagai sektor, sangat mungkin hal-hal ini terjadi. Oleh karena itu betapa strategis dan pentingnya sosialisasi pasar modal terkait dengan SCF ini,” katanya.

SCF atau Securities Crowndfunding merupakan alternatif solusi pendanaan bagi UMKM dan start up melalui instrumen pasar modal yang didorong oleh OJK lewat diterbitkannya POJK Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Umum Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi yang kemudian diubah menjadi POJK Nomor 16/POJK.04/2021.

Kebijakan ini diharapkan mampu memberikan kesempatan luas bagi para investor untuk terus berkontribusi mengembangkan ekonomi di daerahnya masing-masing mengingat UMKM memiliki peran dan kontribusi yang sangat penting bagi perekonomian nasional.

“OJK memberikan ruang untuk bisa melakukan sosialisasi untuk sumber-sumber pendanaan yang sesungguhnya telah diluncurkan oleh bapak presiden pada Januari 2021, Securities Crowndfunding. SCF ini akan memberikan kabar baik, kabar gembira, dan harapan baru bagi pelaku UMKM dan koperasi, serta perusahaan start up,” ujar Khofifah.

Berdasarkan data Kemenkop dan UMKM, kontribusi UMKM terjahap produk domestik bruto Indonesia telah mencapai 61,07 persen atau senilai Rp. 8.570 triliun. 

Bahkan, UMKM juga ikut berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja yang telah mencapai lebih dari 97 persen, serta berhasil menghimpun 36 persen lebih dari total investasi. 

Oleh karena itu, Khofifah selaku Gubernur Jawa Timur ikut menyambut baik hadirnya SCF yang menjadi referensi terhadap sumber pendanaan baru tersebut.

“Kami menyampaikan terima kasih karena di Jawa Timur ini ada 9,8 juta UMKM dan koperasi. Tentu mereka akan mendapatkan harapan harapan baru, kebahagiaan-kebahagiaan baru karena ada sumber pendanaan baru melalui securities crowdfunding ini,” katanya.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Harta Kekayaan Gubernur Jatim Khofifah Naik di Masa Pandemi
Berdasarkan laporan LHKPN jumlah harta kekayaan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa naik saat pandemi Covid-19 di Indonesia.
Petrokimia Gresik Berikan Bantuan Oksigen Kepada Gubernur Khofifah
Petrokimia Gresik perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia memberikan bantuan oksigen yang diterima Gubernur Khofifah.
Profil Khofifah Indar Parawansa Kandidat Capres 2024
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mulai menyita perhatian publik di ranah politik bahkan namanya disebut menjadi kandidat Capres 2024.
0
Gubernur Khofifah Sebut SCF Berpotensi Disalahgunakan
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyebut SCF erpotensi disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.