UNTUK INDONESIA
Gubernur Bali Minta Viking Sun Tunda Sandar di Benoa
Sebelumnya Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak telah menolak kapal pesia Viking Sun yang memuat 1300 penumpan dan kru.
Pelabuhan Benoa, Bali. (Foto: Humas Pemprov Bali/Tagar)

Denpasar - Gubernur Bali I Wayan Koster menunda memberikan izin untuk kapal pesiar Viking Sun berlabuh di Pelabuhan Benoa. Kapal pesiar berbendera Norwegia itu sebelumnya ditolak berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Koster mengatakan penundaan berlabuh untuk Viking Sun dilakukan guna memastikan seluruh penumpang dan awak kapal tak ada yang terjangkit virus corona. Untuk itu, Koster meminta kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) klas I Denpasar, Bali untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berlabuh di Tanjung Benoa.

"Bukan ditolak, tetapi ditunda. Rencananya dua malam di Bali. Ditunda hingga clear. Semua diperiksa, penumpang ada tanda-tanda kurang sehat dipantau, setelah clear baru boleh masuk di Bali," ujarnya usai Rakor percepatan pemulihan pariwisata dan perokonomian Bali dampak Covid-10 di Gedung Tirta Gangga Bank Indonesia wilayah Bali, Jumat, 6 Maret 2020.

Langkah antisipasi di Pelabuhan Benoa juga telah dilakukan sesuai standar operasional prosedur serta pemeriksaan oleh petugas KKP. Koster menegaskan prosedur tersebut tidak hanya berlaku bagi kapal pesiar Viking Sun, tetapi juga untuk kapal pesiar lainnya.

Bukan ditolak, tetapi ditunda. Rencananya dua malam di Bali. Ditunda hingga clear.

"Semua kapal pesiar yang akan berdansar harus melalui prosedur serupa jika masuk Bali. Kapal bersangkutan akan menjalani pemeriksaan di zona karantina oleh petugas KKP. Wisatawan yang akan turun, juga disemprot cairan khusus anti virus atau dilakukan disinfeksi di atas kapal," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengeluarkan surat penundaan kunjungan kapal pesiar Viking Sun yang rencananya akan berlabuh di Surabaya, Jawa Timur.

Surat tertanggal 4 Maret 2020 bernomor 556/2675/436.7.19/2020 itu dikirim kepada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.

Di dalam surat itu, Risma menjelaskan alasan menolak kedatangan kapal pesiar Viking Sun yang mengangkut 1.300 turis mancanegara. Di dalam kapal tersebut terdapat dua orang yang menderita sakit demam, batuk, pilek.

Kapal pesiar Viking Sun juga dilarang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Pelarangan ini dilakukan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga untuk mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19. []

Berita terkait
Viking Sun, Ganjar Pranowo-Hendrar Prihadi Kompak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersikap sama atas kehadiran kapal pesiar Viking Sun.
Kapal Pesiar Viking Sun Batal Berlabuh di Surabaya
Pelindo III telah menerima surat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk tidak memberikan izin kapal pesiar Viking Sun sandar di Tanjung Perak.
Terindikasi Corona, Risma Tolak Viking Sun Sandar
Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta adanya pemeriksaan ulang terhadap seluruh penumpang Viking Sun sebelum sandar.
0
‎Ramainya Tempat Ngabuburit di Kota Tegal saat PSBB
Hingga hari kedelapan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal tidak berjalan efektif.