Gowa - Menjadi agenda rutin setiap Ramadan, Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi selatan kembali menggelar Festival Bedug yang akan dimulai pada 23-26 Mei 2019 mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan Sosial Spiritual Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Najamuddin mengatakan, Festival Bedug ini diselenggarakan tingkat Sulawesi Selatan. Kurang lebih 20 undangan telah disebar kepada kabupaten/kota yang ada di Sulsel.  

"Ini tingkat Sulsel dan kami sudah sebar dan kirimi semua bupatinya untuk permohonan partisipasi, baik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Ormasnya, BKPRMI dan sanggar seninya se-Sulsel," ujarnya, Rabu 22 Mei 2019.

Lanjut Najamuddin, kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk syiar Islam dan salah satu cara pemerintah kabupaten Gowa untuk menyemarakkan bulan Ramadan serta dalam rangka menyambut Idul Fitri.

Sementara terkait konsep, Festival ini akan memperebutkan piala bergilir gubernur Sulsel dan uang pembinaan. Hanya saja untuk tahun ini kata Najamauddin ada penambahan kategori yaitu kategori SKPD lingkup pemerintah kabupaten Gowa.

"Tahun ini kita ada penambahan kategori. Yaitu SKPD lingkup pemerintah kabupaten. Kalau tahun lalu kan cuma dua kategori pemula sama profesional," tambahnya.

Berikut kategori lomba Festival Bedug 2019 tingkat Sulawesi Selatan:

1. Kategori SKPD lingkup pemerintah kabupaten Gowa
2. Kategori pemula, remaja masjid, OKP dan ormas kecamatan
3. Kategori profesional,  antar sanggar seni, dan remaja masjid

Baca juga: