UNTUK INDONESIA
Lima Antivirus Terbaik untuk Smartphone Android
Namun, ada sebagian orang yang menganggap antivirus tidak berdampak pada ponselnya.
Ilustrasi keamanan android. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Di samping kecanggihannya ternyata ponsel pintar Adroid juga cukup rentan terhadap serangan virus yang bisa merusak kinerjanya. 

Untuk menangkalnya, biasanya ada sistem antivirus yang dirancang khusus untuk melindungi ponsel Android Anda. Namun, ada sebagian orang yang menganggap antivirus tidak berdampak pada ponselnya. 

Pro dan kontra seputar penggunaan aplikasi antivirus pada smartphone Android memang terus berlanjut seiring semakin tebalnya pertahanan Android di setiap versinya yang terbaru.

Namun, jika ingin menggunakan antivirus untuk ponsel, berikut Tagar rangkumkan lima antivirus yang recommended.

1. 360 Security

Setidaknya aplikasi ini sudah 100 juta kali diunduh oleh pengguna ponsel Android. Dengan jumlah tersebut cukup membuktikan jika antivirus ini memiliki reputasi yang cukup kompeten.

Aplikasi antivirus 360 Security juga menawarkan fitur untuk membersihkan file sampah yang mengendap di ponsel. Sehingga satu aplikasi ada banyak kegunaan.

Seperti App Locking, Memory Booster hingga Battery Saver juga bisa didaptkan secara cuma-cuma. Menariknya, meski disediakan secara gratis, tidak ada iklan di aplikasi ini sehingga membuatnya tetap nyaman untuk digunakan.

2. AVG Android Antivirus

Aplikasi ini disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk Android. Ratusan juta juga pengguna ponsel telah men-download anti-malware tersebut.

AVG Android antivirus juga menangani anti-theft yang memungkinkan untuk bisa melacak keberadaan ponsel Android jika sewaktu-waktu jika hilang atau lupa menaruhnya. 

Juga bisa mendapatkan fitur dengan monitor penggunaan data, kapasitas daya baterai terkini, kapasitas memori, dan masih banyak lagi.

Versi berbayar memberikan fitur yang lain antara lain: penguncian aplikasi tertentu secara spesifik, pemblokiran pesan dan telepon, backup aplikasi dan dicabutnya iklan dari aplikasi tersebut.

3. Kaspersky Internet Security

Aplikasi antivirus satu ini dikembangkan oleh Kaspersky dan menduduki jajaran salah satu aplikasi anti-malware terbaik untuk Andorid

.Kaspersky Internet Security dapat gunakan dengan gratis, dengan bisa mengunduhnya di in-app purchase. Kaspersky juga mendukung Android Wear.

4. CM Security

Lebih dari 18 juta orang men-download dengan nilai rating 4,7 menjadikannya layak masuk ke dalam daftar aplikasi antivirus terbaik untuk ponsel Android.

CM Security merupakan produk buatan Cheetah Mobile (CM), salah satu developer populer yang membuat beragam aplikasi yang juga populer di pasaran.

Aplikasi ini bisa menjadi rujukan bagi pengguna smartphone yang ingin menjaga dari serangan virus dengan cukup mendownload di Play Store dengan gratis.

5. Avast Mobile Security

Awalnya Avast Mobile Security menyediakan dua paket aplikasi yakni gratis dan berbayar. Namun sekarang bisa aplikasi antivirus terbaik ini bisa dinikmati untuk smartphone Android secara gratis sepenuhnya.

Penguncian aplikasi secara spesifik seperti Wifi vulnerability scanner dan call blocking. Real-time protection yang ditawarkan aplikasi ini cukup menjanjikan. Selain itu Anda diberikan fitur anti-malware, virus scanner, dan juga trojan removal. []

Berita terkait
Tujuh Malware Mematikan Menyerang Ponsel Android
Gawai pintar yang terserang malware akan beroperasi lebih lambat dan kerap memunculkan berbagai iklan tidak penting atau adware.
#SBMPTN Berbasis Android Seperti Apa Sih
Tahun pertama #SBMPTN berbasis Android diikuti 917 peserta. #SBMPTN berbasis Android seperti apa sih.
Empat Perbedaan Sistem Operasi Harmony dan Android
OS Harmony yang ringan dan ringkas serta mempunyai empat perbedaan dalam fitur teknis yang berbeda dengan sistem dalam Andorid milik Google.
0
Bakar Lahan untuk Bertanam Tradisi Petani Sumatera
Kebakaran hutan di Indonesia disebabkan banyak faktor. salah satunya sebagian petani di Sumatera saat bertanam dengan membakar lahan