Google Memperbarui Tampilan Hasil Pencarian Versi Seluler

esin pencari terbesar di dunia, Google, tampaknya sedang mendesain ulang tampilan hasil pencarian pada seluler.
Ilustrasi tampilan laman pencarian Google. (Foto: Google)

Jakarta - Mesin pencari terbesar di dunia, Google, tampaknya sedang mendesain ulang tampilan hasil pencarian pada seluler. Hal itu diumumkan langsung oleh Aileen Cheng, yang bertindak selaku pemimpin proyek desain ulang melalui postingan di blog resminya.

"Kami ingin mengambil sedikit langkah mundur untuk menyederhanakannya sehingga orang dapat menemukan apa yang mereka cari dengan lebih cepat dan mudah," kata Aileen Cheng, dikutip Tagar pada Sabtu, 23 Januari 2021.

Perubahan desain ini, kata Cheng, akan memiliki teks yang lebih besar dan tebal. Hal itu dimaksudkan agar mudah dipindai dengan cepat serta akan melihat lebih banyak font Google.

Hasil pencarian juga akan menjadi lebar pada layar sehingga bayangan akan berkurang. Google juga mengatakan desain baru ini akan menggunakan warna yang lebih intens untuk membantu meninjau informasi penting tanpa gangguan.

Sepertinya desain baru ini menempatkan lebih banyak informasi di bagian atas halaman dan mengurangi visual yang tidak penting. Adanya perubahan ini diharapkan akan membuat hasil pencarian lebih mudah ditemui tanpa harus menggulir ke bawah terlalu jauh.

GoogleTampilan sebelumnya (kiri), Tampilan Baru Penelusuran Google di Seluler (kanan). (foto: Google)

Selain perubahan pada hasil pencarian, Google juga memperbarui ikon Google Lens. Google Lens sendiri merupakan tool yang berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dapat menganalisa foto atau mengenali obyek yang ada pada aplikasi tersebut.

Ikon baru ini terlihat lebih mirip kamera daripada versi sebelumnya, hal ini menunjukkan bahwa banyak orang mungkin menganggap ikon lama sulit untuk dipahami.

Google terakhir mendesain ulang ikon Lens ini pada 2019 dan desain versi baru untuk saat ini masih menjadi bagian uji coba dan terbatas.

Tampilan Google LensTampilan baru Google Lens (atas), Tampilan sekarang (bawah). (Foto: AndroidPolice)

Perusahaan mungkin ingin menguji apakah orang lebih cenderung menggunakan Lens ketika ikonnya lebih mirip kamera atau versi sebelumnya.

Tetapi, ikon Lens 2019 ini sudah cocok dengan skema warna ikon yang diperkenalkan Google untuk semua aplikasinya. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Netflix Raup 203 Juta Pelanggan, OTT Streaming Bersaing Ketat
Penyedia layanan media streaming digital, Netflix, sukses dengan pencapaiannya memiliki 203,6 juta orang pelanggan.
Reelgood Luncurkan Fitur Baru Mirip Aplikasi Tinder
Reelgood, resmi meluncurkan fitur baru bernama Swipe With Friends yang memiliki kesamaan fungsi yang begitu mirip dengan Tinder.
Bahaya Teknologi Terhadap Ketertarikan Anak Membaca Buku
Banyak kritikus telah menyelidiki bahwa teknologi mempunyai implikasi negatif terhadap ketertarikan membaca dan belajar.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.