Google Hadirkan 3 Fitur Baru di YouTube, Berikut Ulasannya

Fitur baru yang dihadirkan dalam aplikasi streaming video ini Bertujuan untuk menyederhanakan tampilan antaramuka pengguna dan kontrol gerakan.
YouTube seluler. (Foto: Tagar/whatmobile)

Jakarta - Google resmi menghadirkan serangkaian fitur baru di aplikasi YouTube. Terdapat tiga fitur baru YouTube yang dapat digunakan di perangkat Android dan iOS. Apa saja fitur baru tersebut? Berikut Tagar berikan ulasannya, dirangkum dari laman Gizmochina, Rabu, 28 Oktober 2020.

Fitur baru yang dihadirkan dalam aplikasi streaming video populer ini merupakan bagian dari pembaruan besar, yang dikhususkan untuk menghadirkan fitur dengan beberapa fungsi. Pembaruan ini menyederhanakan tampilan antaramuka pengguna (UI) dan kontrol gerakan.

1. Fitur Video Chapter

YouTubeFitur video chapter di YouTube. (Foto: Tagar/Gizmochina)

Fitur Video Chapter ini dapat membantu pengguna untuk menavigasi video dengan mulus. Fitur baru ini memperkenalkan tampilan daftar baru yang dapat ditemukan saat judul video diketuk atau diklik di pemutar.

Fitur ini akan menampilkan daftar lengkap dari semua chapter video, termasuk untuk video yang sedang diputar. Masing-masing chapter akan ditampilkan dengan thumbnail pratinjau dari apa yang akan ditampilkan dalam chapter tersebut.

2. Tombol Putar Otomatis yang Diperbarui

Jika sebelumnya tombol putar otomatis berada di bawah video, kini Google telah memindahkannya ke bagian atas penampil video. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengaktifkan atau menonaktifkannya saat sedang menonton video.

YouTubeTombol putar otomatis di YouTube. (Foto: Tagar/Gizmochina)

Tidak hanya itu, dalam pembaruan ini pengguna juga tidak perlu ribet untuk mengaktifkan closed caption (CC) atau subtitle. Pasalnya saat ini fitur untuk mengaktifkan subtitle ini sudah dipindahkan ke pojok kanan atas penampil video.

Untuk fitur ini, Google mengatakan akan segera mengujinya di versi desktop. Google juga mengatur ulang tombol pada aplikasi untuk lebih menyederhanakan tampilan sekaligus meningkatkan respons kontrol.

3. Gestur Usap ke Atas

YouTubeGesture swipe up untuk mode layar penuh. (Foto: Tagar/Gizmochina)

Salah satu fitur penting yang diumumkan pada aplikasi YouTube ini adalah gestur usap ke atas (swipe up). Gestur ini akan memudahkan pengguna untuk keluar dan masuk dari mode layar penuh. Pengguna cukup mengusap ke atas pada penampil video untuk menikmatinya dalam mode layar penuh.[]

Berita terkait
How You Like That Blackpink Ditonton 600 Juta Kali di YouTube
Video musik How You Like That yang dibawakan girlband K-Pop, Blackpink telah ditonton 600 juta kali di kanal YouTube.
YouTube Rilis Platform Video Singkat, Siap Saingi TikTok
Serupa dengan TikTok dan Reels, Shorts dapat digunakan untuk merekam video singkat dalam format vertikal.
Pengguna Apple TV Kini Bisa Nonton YouTube pada Resolusi 4K
Apple telah mengumumkan bahwa 4K YouTube akan hadir di perangkat Apple TV 4K yang menjalankan tvOS 14.
0
27 Juta Suntikan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
Vaksinasi yang dilakukan pemerintah hingga Senin, 31 Mei 2021, akan mencapai angka 27 juta suntikan vaksinasi