UNTUK INDONESIA
GMKI Sebut Generasi Milenial Ujung Tombak Ekonomi
PP GMKI menggelar Seminar Selebrasi Nasional Ekonomi Kreatif dengan tema Kekuatan Baru Indonesia, di Bali, pada Kamis, 28 November 2019.
PP GMKI menggelar Seminar Selebrasi Nasional Ekonomi Kreatif dengan tema Kekuatan Baru Indonesia, Kamis, 28 November 2019, di Bali. (Foto: Tagar/dok.GMKI)

Jakarta - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menggelar Seminar Selebrasi Nasional Ekonomi Kreatif dengan tema Kekuatan Baru Indonesia pada Kamis sore, 28 November 2019, di auditorium Widya Shaba Utama, Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali.

Sekitar 1.000 orang generasi milineal yang hadir dalam gelaran akbar tersebut terdiri dari perwakilan cabang-cabang GMKI yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Cipayung Plus, serta mahasiswa-mahasiswi di lingkungan Universitas Warmadewa dan kampus-kampus Di Denpasar.

Pasar ekonomi kreatif adalah anak-anak milenial, potensinya sangat besar.

Ketua Umum GMKI, Corneles Galanjinjinay, dalam sambutannya mengatakan kaum muda dari generasi milenial yang ada saat ini harus memiliki gebrakan baru demi menguatkan perekonomian bangsa Indonesia, agar tetap unggul dan maju sehingga tidak justru melemah.

"Sekarang kita menghadapi ketidakpastian pertumbuhan ekonomi nasional, karena ketidakpastian ekonomi global akibat perang dagang negara-negara super power. Oleh karna itu, menurut kami ekonomi kreatif sebagai kekuatan baru ekonomi Indonesia, dapat dikelola secara optimal, baik oleh pemerintah maupun sektor swasta untuk menjawab ketidakpastian pertumbuhan ekonomi nasional," kata Corneles, melalui siaran pers yang diterima Tagar, Kamis malam, 28 November 2019.

"Selain itu, pasar ekonomi kreatif adalah anak-anak milenial, potensinya sangat besar. Mereka bisa (berperan) sebagai produsen dan sekaligus konsumen, oleh karna itu pengelolaan ekonomi kreatif harus berkolaborasi bersama anak-anak milenial sebagai ujung tombak kemajuan pertumbuhan ekonomi nasional, generasi milenial adalah kekuatan baru ekonomi nasional," kata dia.

Sandiaga UnoSandiaga Salahuddin Uno menjadi pemateri dalam acara Seminar Selebrasi Nasional Ekonomi Kreatif GMKI. (Foto: Tagar/dok GMKI)

Sementara Sandiaga Salahuddin Uno yang didaulat menjadi pemateri dalam acara Seminar Selebrasi Nasional tersebut mengatakan bahwa dengan ekonomi kreatif yang dibangun oleh generasi muda kita hari ini, diharapkan agar dapat membuka peluang usaha lapangan kerja dalam sektor-sektor di Indonesia maupun yang khususnya ada di Bali, agar bisa menjadi lokomotif dalam ekonomi.

"Kita ini yang masih terasa agak terlambat. Dengan adanya kreatifitas ekonomi tersebut, diharapkan agar dapat menjadi penopang bagi generasi muda dalam jangka waktu yang panjang." kata Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memandang, ekonomi kreatif merupakan wujud dari nilai tambah kekayaan intelektual yang bersumber pada kreativitas manusia dan berbasis pada warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga ekonomi kreatif diharapkan mampu menjadi pilar ekonomi yang baru.

"Ekonomi kreatif diharapkan mampu jadi kekuatan baru di masa mendatang, di ekonomi nasional, tentunya bersamaan dengan sektor pariwisata. Saat ini, jumlah penduduk usia produktif kita begitu besar dan kita harus mempersiapkan mereka agar menjadi SDM yang terampil, siap menjawab tantangan ekonomi digital, bahkan hingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan," ujara Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno juga mengapresiasi helatan acara yang digagas GMKI tersebut. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus pusat organisasi yang sudah mengundangnya untuk jadi pemateri dalam kegiatan Selebrasi Nasional.

Termasuk kepada Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Rektor Universitas Warmadewa dan jajarannya, beserta seluruh pemuda dan mahasiswa GMKI yang telah menggagas untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Semoga saja dapat menjadi inspirasi bagi anak muda untuk bersatu dalam menorehkan prestasi di masa depan," kata dia. []

Berita terkait
GMKI Minta Menko PMK Penuhi Kebutuhan Dasar Manusia
PP GMKI menggelar pertemuan dengan Menko PMK Muhadjir Effendy untuk membicarakan persoalan kebutuhan dasar manusia.
GMKI Demo Kapolres Siantar Minta Sapu Bersih Judi
GMKI Kota Pematangsiantar menggelar aksi meminta polisi memberantas perjudian.
Slank Minta Ahok Bersihkan Noda Hitam di Pertamina
Mewakili Slank,Bimbim berharap integritas mantan Gubernur DKI Jakarta itu dapat menghapus noda hitam yang ada di tubuh PT Pertamina.
0
Ketua KPK: Harun Masiku Kembali ke Indonesia
Ketua KPK Firli Bahuri memastikan tersangka Harun Masiku akan kembali ke Indonesia.