Gitaris Metallica Jawab Rasanya 'Tobat' Mabuk Alkohol

Gitaris Metallica baru saja memutuskan tobat mengonsumsi kokain dan alkohol. Ia membeberkan rasanya setelah stop mabuk-mabukan.
Grup musik heavy metal, Metallica. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Gitaris grup musik heavy metal Metallica, Kirk Hammett baru saja memutuskan 'tobat' mengonsumsi narkoba jenis kokain sementara hobinya minum alkohol telah dihentikan sejak 5 tahun lalu. Bintang rock berusia 57 tahun tersebut membeberkan 'rasanya' setelah stop mabuk-mabukan.

Kirk mengungkapkan ketika kecanduan kokain ia mengalahkannya dengan menghabiskan waktu membaca ribuan buku komik agar pikirannya tetap disibukan sembari melakukan tindakan rehabilitasi. Sementara ketika berhenti mabuk minuman keras, ia mengatakan, seharusnya itu dilakukannya bertahun-tahun sebelumnya.

"Saya [berharap] berhenti minum dari 10 atau 15 tahun yang lalu. Saya sudah 5 tahun tanpa alkohol dan saya benar-benar menikmatinya," kata Kirk kepada Majalah Kerrang!, disitat dari The List, Minggu 7 Juni 2020.

Ketika kembali ke kamar hotel dan bermain gitar selama dua atau tiga jam, saya tidak ingat apa pun pada keesokan harinya.

Saat pertama kali melepas kecanduannya terhadap minuman keras dan alkohol, Kirk mengungkapkan sempat depresi. Terutama ketika stop mabuk alkohol lantaran keadaannya tak lagi prima seperti anak muda. Namun, Kirk menegaskan tak ingin orang menganggapnya telah salah dalam mengambil jalan hidup.

"Jangan salah paham, saya benar-benar menikmati ketika 'gila alkoholik' yang selalu mengoceh, tetapi kemudian semuanya [tubuh] berbalik melawan saya," ujarnya.

"Setiap kali minum, itu justru merugikan saya. Padadal saya ingin menikmatinya untuk bersantai," tutur dia.

MetallicaGitaris Kirk Hammett (kedua dari kiri) ketika unjuk gigi bersama bandnya, Metallica . (Foto: Instagram/metallica)

Sekarang setelah terbebas dari alkohol dan kokain, Kirk mengaku jernih dalam berpikir. Ia menjadi kuat dalam mengingat tiap peristiwa dan makin bersemangat dalam membuat karya musik bagi Metallica atau bagi dirinya sendiri.

"Selama beberapa dekade, setelah konser selesai, saya selalu menghabiskan waktu mabuk-mabukan sepanjang malam. Ketika kembali ke kamar hotel dan bermain gitar selama dua atau tiga jam, saya tidak ingat apa pun pada keesokan harinya," tutur Kirk.

"Saya telah berhenti minum, dan sekarang ketika kembali ke kamar hotel dan bermain gitar, saya mengingat semuanya!" ujarnya.

Setelah perubahan yang dirasakannya, eks murid gitaris Joe Satriani tersebut kini merasa seperti seorang musisi yang memiliki kejernihan dalam berpikir, dan memiliki hubungan yang sangat kuat dengan instrumen dan alat musik yang dimainkannya, gitar.

"Saya berharap, saya sampai pada titik ini jauh lebih awal dalam hidup saya. Tapi, hei, semuanya terjadi pasti untuk suatu alasan," kata Kirk.

Baca juga:

Berita terkait
Metallica Bakal Produksi Album ke-11 Lebih Cepat Dari Rekaman Sebelumnya
Prosesnya tak akan lama seperti saat Metallica bikin album-album sebelumnya.
Dianggap Gratifikasi, Jokowi Ganti Vinyl Metallica Rp 11 Juta
Dianggap gratifikasi, Jokowi ganti vinyl Metallica Rp 11 juta. KPK menilai, apa yang dilakukan Jokowi merupakan contoh positif yang patut ditiru.
Bioskop Film Nyaris Mati, Sutradara James Bond 'Teriak'
Sutradara James Bond seri Skyfall, Sam Mendes tak tahan lagi. Ia teriak agar industri bioskop lepas dari ancaman nyaris mati.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan