Jakarta - Kapten Lionel Messi tegaskan Argentina tidak akan tersingkir di babak awal karena mereka berambisi menjadi juara Copa America 2019. Menurut dia sulit membayangkan bila Argentina gagal lolos dari penyisihan Grup B. 

Hanya, jangankan berpikir masuk final dan kemungkinan mengangkat trofi, saat ini Argentina harus berjuang keras agar terhindari dari kegagalan. Bagaimana tidak, juara dunia 1978 dan 1986 ini  berada di ujung tanduk setelah gagal menang untuk kali kedua di pertandingan Grup B. 

Hasil imbang 1-1 melawan Paraguay di Stadion Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Kamis 20 Juni 2019 pagi WIB menjadikan langkah Argentina ke perempat final kian berat. Di laga sebelumnya, mereka malah dikalahkan Kolombia 0-2.  

Kami tahu kami akan bertanding untuk hidup kami. Gila apa bila kami tidak lolos dari penyisihan grup. Secara teoritis bisa tiga tim yang lolos ke babak berikutnya. Jadi saya tak ragu kami bisa melakukannya

Kegagalan itu menjadikan Argentina masih tertahan di dasar klasemen dengan poin satu. Sama dengan Qatar, namun tim yang sudah 14 kali juara Copa America ini kalah selisih gol. Sedangkan Paraguay bertengger di peringkat dua dengan poin dua. Kolombia yang menduduki puncak klasemen menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final. 

Belum Menutup Peluang

Poin pertama yang diraih Argentina memang belum menutup peluang mereka untuk lolos ke babak berikutnya. Harapan mereka akan ditentukan di laga terakhir melawan Qatar, Senin 24 Juni 2019 dini hari WIB. 

"Kami tahu kami akan bertanding untuk hidup kami. Gila apa bila kami tidak lolos dari penyisihan grup. Secara teoritis bisa tiga tim yang lolos ke babak berikutnya. Jadi saya tak ragu kami bisa melakukannya," kata Messi. 

Pemain yang sudah memenangi 10 trofi La Liga Spanyol bagi Barcelona ini mengakui bila tim frustrasi dengan dua kegagalan tersebut. Apalagi ini laga penting yang bisa membuka harapan tim lolos ke perempat final.

"Jujur, ini membuat kami frustrasi karena kembali gagal menang. Pasalnya kami butuh kemenangan untuk melangkah ke babak selanjutnya. Tetapi kami tahu pertandingan ini menjadi kunci dan kami harus memenangkan laga terakhir untuk melangkah ke babak berikutnya," ujarnya.

Argentina nyaris tumbang saat menghadapi Paraguay. Mereka tertinggal lebih dulu saat Paraguay mencetak gol melalui Richard Sanchez di babak pertama.

Beruntung Messi mampu menyelamatkan La Albiceleste dari kekalahan. Gol kapten Barca ini tercipta dari titik penalti. Ini menjadi satu-satunya yang bisa dihasilkan pemain Argentina. Padahal, mereka memiliki pemain yang menjadi mesin gol di klub. 

Bahkan Messi kembali menjadi top scorer Eropa. Sedangkan Sergio Aguero menunjukkan ketajamannya bersama Manchester City di Liga Premier Inggris

Namun mereka harus menunjukkan ketajamannya di laga terakhir Argentina. "Kami tahu ini tidak akan mudah. Tetapi kami tetap berusaha melakukan yang terbaik di penyisihan grup. Kami akan menunjukkan performa terbaik dan akan terus berkembang," ujar dia. []

Berita Argentina di Copa America 2019: