Jakarta - Argentina nyaris kalah untuk kali kedua. Menghadapi Paraguay dalam duel di Grup B Copa America 2019 di Stadion Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Kamis 20 Juni 2019 pagi WIB, Argentina hanya mampu bermain imbang 1-1. Bahkan Argentina hampir kalah bila tidak diselamatkan penalti Lionel Messi. 

Berstatus tim unggulan, Argentina malah terpuruk. Hasil imbang melawan Paraguay menjadikan La Albiceleste menduduki dasar klasemen dengan poin satu. Sama dengan Qatar, namun posisi juara Asia ini lebih baik karena unggul selisih gol. 

Harapan lolos ke perempat final ditentukan di laga terakhir melawan Qatar, Senin 24 Juni 2019 dini hari WIB. Argentina harus memenangkan laga tersebut sambil berharap Paraguay gagal meraih poin penuh saat menghadapi Kolombia. Atau skenario lain, Argentina menduduki peringkat tiga terbaik sehingga bisa melengkapi delapan tim yang lolos ke perempat final. 

Sebaliknya, Paraguay juga harus menang di laga terakhir. Saat ini, hasil imbang melawan Argentina menjadikan mereka memiliki poin dua sekaligus menduduki peringkat dua. Mereka bakal lolos ke perempat final bila mengalahkan Kolombia. 

Mengawali Dengan Baik

Di pertandingan itu, Argentina mengawali laga dengan baik. Mereka berusaha menguasai permainan dan menekan pertahanan Paraguay. Hanya lemahnya kreativitas membuat Argentina kesulitan mencetak gol. 

Bahkan Messi tak berkutik menghadapi dinding pertahanan Paraguay yang solid dan tak mudah ditembus. Strategi bertahan dengan mengandalkan serangan balik bisa diterapkan Paraguay dengan baik. 

Setelah terfokus pada pertahanan, The Albirroja mulai keluar menekan lawan. Melalui Miguel Almiron and Derlis Gonzalez, mereka menciptakan problem bagi pertahanan Argentina. 

Tak perlu menunggu lama, Paraguay sukses membobol gawang Argentina melalui Richard Sanchez menit 37. Berawal dari aksi individu Almiron yang berlari ke daerah pertahanan lawan dan kemudian melepaskan bola silang. Umpan Almiron disambut Sanchez. 

Setelah tertinggal, Argentina makin kesulitan menghadapi Paraguay. Dengan hilangnya kreativitas tim, mereka butuh keajaiban untuk memenangkan pertandingan. 

Meski demikian, tim asuhan Lionel Scaloni akhirnya bisa menyamakan skor di babak kedua. Gol yang menyelamatkan Argentina dari kekalahan dicetak Messi dari titik penalti menit 57. 

Hadiah penalti diberikan setelah Ivan Piris menyentuh bola di kotak terlarang. Namun wasit harus memastikan lewat VAR sebelum memutuskan menunjuk titik putih. Eksekusi pun dituntaskan oleh Messi. 

Sayangnya, Argentina tetap kesulitan mencetak gol. Masuknya Sergio Aguero dan Angel Di Maria pun tak bermanfaat apa-apa karena pun tak mampu menembus pertahanan lawan. Sampai akhir laga skor tetap 1-1. 

Susunan Pemain

Argentina (4-3-3): Armani-Casco, Pezzela, Otamendi, Tagliafico; Pereyra, Paredes, Lo Celso; Messi, Lautaro, De Paul 

Gol: Messi 57’

Paraguay (4-2-3-1): Fernandez-Piris, Gomez, Alonso, Arzamendia; Sanchez, R. Rojas; D. Gonzalez , Almiron, M. Rojas; Santander 

Goal: Sanchez 37’

Baca juga: